Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perkuat Jaringan, XL Axiata Siagakan Data Center di Lima Kota

XL Axiata mengaku telah menyiapkan data center di lima kota untuk mengantisipasi adanya gangguan terhadap jaringan mereka agar tetap stabil.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  21:37 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. mengaku telah menyiapkan banyak data center untuk memastikan layanan mereka tidak terputus dalam waktu yang lama saat terjadi gangguan.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan dalam pengelolaan jaringan, XL menyiagakan beberapa Data Center dengan redundant system yang berlokasi di 5 kota di Indonesia.

Pihaknya menjelaskan banyaknya jumlah data center yang digunakan bertujuan untuk menjaga dan menjamin keberlangsungan pelayanan kepada pelanggan XL.

"Data center yang disiagakan berisikan beberapa perangkat di antaranya core system yang dilengkapi dengan jaringan tulang punggung yang besar, sistem cadangan daya kelistrikan dan penempatan personel di gedung tersebut guna menjaga agar sistem rekayasa bekerja baik saat mengalami gangguan," katanya, Rabu (12/8/2020).

Di samping itu, Darmayusa juga menjelaskan bahwa saat terjadi bencana atau kebakaran, pihaknya melakukan rekayasa jaringan ke data center lainya, dan melakukan penanganan cepat dengan mobilisasi peralatan dan tim di lapangan.

“Misalnya dahulu kami melakukan recovery jaringan dengan cepat saat terjadi gempa di Lombok dan tsunami di Palu bekerja sama dengan instansi pemerintah, BNPB dan mobilisasi tim lapangan dari regional lainnya untuk membantu,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top