Perkuat Jaringan, XL Axiata Siagakan Data Center di Lima Kota

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 12 Agustus 2020 | 21:37 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. mengaku telah menyiapkan banyak data center untuk memastikan layanan mereka tidak terputus dalam waktu yang lama saat terjadi gangguan.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan dalam pengelolaan jaringan, XL menyiagakan beberapa Data Center dengan redundant system yang berlokasi di 5 kota di Indonesia.

Pihaknya menjelaskan banyaknya jumlah data center yang digunakan bertujuan untuk menjaga dan menjamin keberlangsungan pelayanan kepada pelanggan XL.

"Data center yang disiagakan berisikan beberapa perangkat di antaranya core system yang dilengkapi dengan jaringan tulang punggung yang besar, sistem cadangan daya kelistrikan dan penempatan personel di gedung tersebut guna menjaga agar sistem rekayasa bekerja baik saat mengalami gangguan," katanya, Rabu (12/8/2020).

Di samping itu, Darmayusa juga menjelaskan bahwa saat terjadi bencana atau kebakaran, pihaknya melakukan rekayasa jaringan ke data center lainya, dan melakukan penanganan cepat dengan mobilisasi peralatan dan tim di lapangan.

“Misalnya dahulu kami melakukan recovery jaringan dengan cepat saat terjadi gempa di Lombok dan tsunami di Palu bekerja sama dengan instansi pemerintah, BNPB dan mobilisasi tim lapangan dari regional lainnya untuk membantu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper