MIUI 12 Resmi Meluncur di Indonesia, Apa Saja Keunggulannya?

Rezha Hadyan
Selasa, 14 Juli 2020 | 18:17 WIB
Xiaomi/Ilustrasi
Xiaomi/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi akhirnya memperkenalkan sistem operasi (OS) berbasis Android terbaru Xiaomi, MIUI 12 di Tanah Air pada Selasa (14/07/2020).

Perkenalan tersebut dilakukan bersamaan dengan peluncuran sejumlah produk terbaru Xiaomi antara lain ponsel Redmi 9 dan Poco F2 Pro serta penyuara telinga True Wireless Stereo (TWS) Earbuds Basic S.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse MIUI 12 hadir dengan desain user interface yang segar dan sistem animasi yang inovatif. Pengguna dapat menikmati pengalaman menggunakan sistem operasi yang lebih hidup dan nyata.

Pengalaman tersebut didukung oleh Mi Render Engine yang menghasilkan antarmuka sangat halus serta Mi Physics Engine yang menghasilkan gerakan ikon elegan dan menyimulasikan kurva 3D terinspirasi dari gerakan dan respons di kehidupan nyata.

"Tampilan visual yang realistis di seluruh sistem MIUI 12 juga memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan layar MIUI 12 lebih informatif dan komprehensif. Di sisi lain, tampilan tersebut juga memberi pengalaman unik dan personal setiap melihatnya," kata Alvin.

Lebih lanjut, Alvin menjelaskan MIUI 12 juga menghadirkan keindahan lainnya, yaitu fitur Super Wallpaper. Fitur baru ini membawa keindahan kosmik ke tingkat baru dengan rekonstruksi menakjubkan dari bentang alam planet Mars dan Bumi yang ikonik, diambil berdasarkan citra resmi dari NASA. Super

Wallpaper mengkombinasikan Always-on-display, Home Screen, dan Lock Screen dalam suatu tampilan misi luar angkasa yang mengasyikkan, dan akan membuat pengguna dapat melihat bagian-bagian lain dari planet-planet.

Dengan Super Wallpaper, MIUI 12 menjadi jendela untuk melihat keindahan alam semesta.

MIUI 12 juga memiliki beberapa fitur dan peningkatan baru, di antaranya solusi multitasking dengan floating windows, casting untuk menghubungkan smartphone dengan layar kedua, Ultra

Battery Saver yang menghemat pemakaian daya tanpa mengganggu panggilan, pesan masuk, dan konektivitas jaringan.

Ada pula fitur App Drawer yang merupakan fitur utama pada launcher Xiaomi untuk POCO yang telah diterima dengan baik oleh pengguna global. Menurut Alvin, apabila pengguna mengaktifkannya, semua aplikasi akan masuk ke sana sehingga home screen terlihat rapi.

"App Drawer juga memungkinkan pengelompokkan aplikasi secara otomatis sehingga mudah menemukan aplikasi yang dicari hanya dengan beberapa swipe," ungkapnya.

Terakhir MIUI 12 juga memiliki fitur Dark Mode yang dapat diaplikasikan pada aplikasi bawaan sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Dark Mode memiliki pilihan untuk menyesuaikan kontras secara otomatis untuk dengan cahaya lingkungan sekitar. Dark Mode juga mengurangi pemakaian daya.

“Kami yakin pengguna akan jatuh hati dengan MIUI 12 karena menghadirkan pengalaman penggunaan OS bintang lima dengan serangkaian optimasi bottom-up, peningkatan desain dan animasi yang hidup pada tampilan antarmuka,” tutup Alvin.

MIUI 12 akan mulai tersedia di beberapa perangkat mulai Agustus 2020. Perangkat yang tersedia di Indonesia dan akan menerima pembaruan secara bertahap adalah sebagai berikut:

Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A,

Redmi 8A Pro, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi Note 6 Pro, Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A,

Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, Redmi S2, Mi 10, Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, Mi 8 Lite, dan

Pocophone F1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper