Bukalapak Optimis Produk Investasi Emasnya Terus Tumbuh

Akbar Evandio
Kamis, 2 Juli 2020 | 21:54 WIB
Logo Bukalapak
Logo Bukalapak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform perdagangan elektronik (e-commerce), Bukalapak optimis produk investasi emasnya bakal mencatatkan pertumbuhan signifikan tahun ini.

Dhinda Arisyiya, AVP of Investment & Financing Solutions Bukalapak  menjelaskan bahwa transaksi emas daring sepanjang 2020 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hal ini didukung dengan harga emas yang sudah berkali-kali mencetak rekor harga tertinggi dengan akumulasi kenaikan sekitar 25 persen dari awal tahun.

“Kami optimis tren kenaikan harga pun masih terlihat dalam kondisi ekonomi yang belum stabil sebagai dampak dari pandemi Covid-19, karena nasabah cenderung mencari instrumen investasi bersifat safe-haven seperti emas. Melihat tren emas saat ini dan animo transaksi dari pengguna, kami melihat pertumbuhannya masih sangat sehat,” terangnya saat dihubungi Bisnis, Kamis, (2/7/2020).

Dhinda mengatakan bahwa pendekatan yang pihaknya lakukan terhadap user tidak semata-mata berpusat pada naik turunnya harga emas dunia, tetapi juga terhadap pengembangan budaya menabung untuk memperluas inklusi finansial ke masyarakat.

“Keinginan kami adalah masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang ekonomi dapat berinvestasi dengan mudah dan terjangkau. Kami berfokus untuk terus melakukan pengembangan fitur dan produk agar pengguna dapat memanfaatkan BukaEmas sebagai fasilitas menabung emas dengan tujuan mendapatkan pertumbuhan nilai atas kenaikan harga emas dalam jangka panjang,” ujarnya.

Dhinda menjelaskan bahwa pelanggan dapat melakukan transaksi emas mulai dari jumlah yang ringan dan terkecil yakni Rp100.  Adapun, emas yang telah dimiliki pelanggan juga bisa ditarik dalam bentuk emas fisik, dengan harga yang diperbarui secara teratur sehingga pelanggan dapat memantau harga emas secara real time.

Menurutnya, strategi lain yang diterapkan adalah melalui edukasi, salah satunya melalui fitur Beli Otomatis Emas. Fitur ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk dapat melakukan pembelian emas secara otomatis setiap kali transaksi di platform Bukalapak.

“Selain itu, salah satu fitur dengan pertumbuhan pengguna yang signifikan yakni Cicil Emas. Di tengah harga emas yang cenderung naik, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci harga emas di awal dan melakukan pelunasan cicilan lebih ringan sehingga pengguna bisa mendapatkan potensi imbal hasil yang lebih maksimal dengan menekan dampak risiko pergerakan harga,” jelasnya.

Dia pun mengklaim bahwa pihaknya selalu memastikan layanan BukaEmas adalah aman dan legal. Hal ini karena produk tersebut merupakan hasil kerjasama Bukalapak dengan IndoGold dan Pluang yang memiliki lisensi serta diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti).

“Untuk fitur Tabungan Emas di aplikasi Mitra Bukalapak, bekerja sama dengan Pegadaian dan diawasi oleh OJK,  berupaya memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berinvestasi melalui produk emas dengan mudah dan aman di 1.5 juta warung Mitra Bukalapak dan ribuan outlet Pegadaian di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper