Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Spotify Hadirkan Fitur Lirik Lagu Real-Time

Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna Spotify, kini telah hadir lirik lagu real-time, untuk lagu yang sedang diputar oleh pengguna.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  11:28 WIB
Spotify - Reuters/Christian Hartmann
Spotify - Reuters/Christian Hartmann

Bisnis.com, JAKARTA - Spotify baru saja meluncurkan fitur terbaru lirik lagu waktu nyata (real-time) di 26 negara, termasuk India dan negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Mengutip TechCrunch pada Rabu (01/07/2020) pengguna dapat mengakses fitur tersebut dengan mengetuk kotak"lirik" di bagian bawah layar "Now Playing" layanan.

Fitur baru menggunakan lirik yang disediakan oleh Musixmatch, dan akan ditampilkan dalam bahasa yang digunakan oleh lagu.

Lirik memiliki sejarah yang rumit di Spotify. Spotify sebenarnya telah bekerja dengan Musixmatch sebelum memutuskan hubungan dengan perusahaan pada 2016.

Pada tahun yang sama, Spotify mulai bekerja dengan Genius pada fitur "Behind the Lyrics", yang memberikan informasi latar belakang tentang trek yang dipilih, di samping liriknya sendiri. Ini adalah fitur yang menarik, tetapi informasi latar belakang ini menghalangi jika Anda hanya ingin bernyanyi bersama dengan sebuah lagu. Lirik real-time baru ini harusnya jauh lebih cocok untuk sesi karaoke.

Jika tersedia, fitur baru ini meningkatkan Spotify dengan Apple Music, yang telah menyediakan lirik dari Genius sejak 2018.

TechCrunch melaporkan bahwa pasar-pasar berikut mendapatkan fitur lirik waktu-nyata yang baru pada pukul 10:00 ET hari ini: Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Peru, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, Guatemala, Guatemala, Honduras, India, Nikaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong.

Dari jumlah tersebut, TechCrunch mencatat bahwa Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Meksiko sebelumnya menyertakan beberapa dukungan lirik dari penyedia lain, seperti halnya Jepang.

Tidak ada kata pada apakah atau ketika fitur lirik real-time yang baru dapat berkembang di luar pasar baru. Namun, tahun lalu Spotify mengkonfirmasi sedang menguji fitur lirik real-time di pasar termasuk Kanada, yang diharapkan fitur tersebut dapat tiba di lebih banyak tempat segera.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Spotify musik aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top