Spotify Hadirkan Fitur Lirik Lagu Real-Time

Rezha Hadyan
Rabu, 1 Juli 2020 | 11:28 WIB
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Spotify baru saja meluncurkan fitur terbaru lirik lagu waktu nyata (real-time) di 26 negara, termasuk India dan negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Mengutip TechCrunch pada Rabu (01/07/2020) pengguna dapat mengakses fitur tersebut dengan mengetuk kotak"lirik" di bagian bawah layar "Now Playing" layanan.

Fitur baru menggunakan lirik yang disediakan oleh Musixmatch, dan akan ditampilkan dalam bahasa yang digunakan oleh lagu.

Lirik memiliki sejarah yang rumit di Spotify. Spotify sebenarnya telah bekerja dengan Musixmatch sebelum memutuskan hubungan dengan perusahaan pada 2016.

Pada tahun yang sama, Spotify mulai bekerja dengan Genius pada fitur "Behind the Lyrics", yang memberikan informasi latar belakang tentang trek yang dipilih, di samping liriknya sendiri. Ini adalah fitur yang menarik, tetapi informasi latar belakang ini menghalangi jika Anda hanya ingin bernyanyi bersama dengan sebuah lagu. Lirik real-time baru ini harusnya jauh lebih cocok untuk sesi karaoke.

Jika tersedia, fitur baru ini meningkatkan Spotify dengan Apple Music, yang telah menyediakan lirik dari Genius sejak 2018.

TechCrunch melaporkan bahwa pasar-pasar berikut mendapatkan fitur lirik waktu-nyata yang baru pada pukul 10:00 ET hari ini: Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Peru, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, Guatemala, Guatemala, Honduras, India, Nikaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong.

Dari jumlah tersebut, TechCrunch mencatat bahwa Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Meksiko sebelumnya menyertakan beberapa dukungan lirik dari penyedia lain, seperti halnya Jepang.

Tidak ada kata pada apakah atau ketika fitur lirik real-time yang baru dapat berkembang di luar pasar baru. Namun, tahun lalu Spotify mengkonfirmasi sedang menguji fitur lirik real-time di pasar termasuk Kanada, yang diharapkan fitur tersebut dapat tiba di lebih banyak tempat segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper