Satelit ‘Tukang Sampah’ Angkasa Segera Mengorbit

Lukas Hendra TM
Selasa, 23 Juni 2020 | 20:04 WIB
Perusahaan startup asal Swiss, ClearSpace,
Perusahaan startup asal Swiss, ClearSpace,
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Antusias sektor swasta untuk masuk ke bisnis peluncuran satelit semakin meningkat. Hal itu, ditandai dengan munculnya berbagai lini usaha yang berkaitan dengan luar angkasa.

Tak terkecuali, lini usaha pembersihan orbit dari sampah-sampah untuk meminimalisasi resiko terjadinya tabrakan. Perusahaan startup asal Swiss, ClearSpace, adalah salah satu pionir yang bergerak di sektor ini. Bahkan, ClearSpace juga telah dianugerahi untuk menjadi anggota program wirausaha social Microsof Global.

Dalam laman resmi Microsoft mengungkapkan bahwa juri Microsoft terkesan dan antusias tentang tim yang berbasis di Ecublens, Swiss tersebut. Tim itu berkomitmen untuk untuk menangkap dan menghapus satelit yang tidak berfungsi atau tidak responsif di ruang angkasa untuk membebaskan orbit untuk operasi masa depan dan mengurangi resiko tabrakan.

Saat ini ada lebih dari 3.000 satelit gagal yang mengorbit Bumi. Objek-objek yang tidak terkendali ini menghadirkan risiko ledakan atau tabrakan dengan satelit lain. Dengan semakin banyaknya jumlah satelit yang diluncurkan setiap tahun, populasi puing-puing buatan manusia yang mengorbit Bumi telah meledak selama sepuluh tahun terakhir.

Oleh karena itu, untuk menjaga ruang bersih sebagai upaya memastikan pertumbuhan berkelanjutan di masa depan telah menjadi tantangan besar. ClearSpace berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini.

Badan Antariksa Eropa (european space agency/ ESA) telah memutuskan untuk menginisiasi pengembangan luar angkasa yang berkelanjutan dengan memelopori misi ini dan memilih ClearSpace untuk memimpinnya.

Misi ClearSpace adalah untuk melakukan penangkapan pertama dan penghapusan satelit yang tidak terkontrol, yang mengorbit pada 7 kilometer per detik pada lebih dari 600 kilometer di atas permukaan laut.

Tim, bekerja sama dengan mitra industri terkenal, akan fokus pada pengembangan teknologi canggih untuk fusi sensor, navigasi otonom, dan robotika ruang angkasa, mengintegrasikan mereka ke dalam pemburu yang gesit. Misi yang disebut ClearSpace-1 dijadwalkan untuk 2025.

Luc Piguet, CEO and founder ClearSpace, mengungkapkan misi ClearSpace-1 lebih dari sekadar misi terobosan dan pencapaian teknis berdampak tinggi. Dia menilai misi tersebut adalah tonggak pertama dalam perjalanan menuju layanan penghilangan puing ruang angkasa di masa depan dengan biaya yang terjangkau.

“Bekerja sama dengan ESA dan mitra kami, kami bertujuan untuk menciptakan preseden dengan dampak transformatif pada industri luar angkasa, yang menangkap imajinasi, menginspirasi masyarakat, pembuat hukum dan industri luar angkasa secara keseluruhan. Kami merasa terhormat dan senang telah dipilih untuk Program Kewirausahaan Sosial Global dan berharap dapat membawa kolaborasi kami ke tingkat berikutnya - memanfaatkan keahlian mendalam Microsoft dan jangkauan global sambil mengejar pencarian kami di lingkungan yang canggih dan aman," katanya seperti dikutip dari laman Microsoft Swiss, Selasa (22/6/2020).

Adapun, Program Kewirausahaan Sosial Global Microsoft mendukung dampak sosial startup dengan teknologi, koneksi, dan hibah sehingga tim dapat fokus untuk mewujudkan visi besar mereka dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Andrew Reid, Head of the Swiss Microsoft for Startups program, mengaku sangat gembira dengan kolaborasi mereka dengan ClearSpace. Menurutnya, saat pertama kali mendengar tentang misi ClearSpace, dia mengaku bahwa Microsoft akan senang mendukung mereka dalam program startup mereka.

“Fakta bahwa ClearSpace telah dipilih untuk bergabung dengan Program Kewirausahaan Sosial Global Microsoft adalah pengakuan yang layak atas pencapaian dan komitmen seluruh tim. Ini memungkinkan kami untuk mendukung ClearSpace di tingkat global dan dengan lebih banyak sumber daya internasional,” katanya.

Adapun, Global Social Entrepreneurship Program adalah inisiatif di seluruh dunia untuk startup yang kantor pusatnya berlokasi di salah satu negara yang dicakup oleh infrastruktur global Azure --54 wilayah di seluruh dunia, tersedia di 140 negara--.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper