Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Facebook dan Whatsapp Garap Uang Elektronik, Ini Model Bisnisnya

Uang Elektronik dari Facebook dan Whatsapp dilakukan uji coba di Brazil.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  08:35 WIB
Ilustrasi - Bloomberg / Brent Lewin
Ilustrasi - Bloomberg / Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook semakin serius dalam bisnis fitur pembayaran. Aplikasi yang telah memiliki pengguna sekitar 1,7 miliar orang diseluruh dunia, mulai mengujicoba fitur pembayaran dengan melakukan integrasi fitur WhatsApp di Brazil.

Dengan fitur saling terintegrasi ini maka memungkinkan pengguna membayar tagihan, mengirim uang, atau bertransaksi langsung dari aplikasi perpesanan terpopuler di dunia itu.

Fitur itu diperkirakan tidak lama lagi akan tersedia untuk semua orang setelah uji coba dirasa cukup.

"Kami senang mengumumkan bahwa mulai hari ini kami membawa pembayaran digital kepada pengguna WhatsApp di Brasil," kata WhatsApp di blog resminya yang dilansir Antara, Selasa (16/6/2020).

Dalam uji coba, aplikasi pembayaran dari Facebook ini melayani 10 juta usaha kecil dan menengah di Brazil. Setelah melihat katalog Whatsaap bisnis, mereka sekarang bisa membayar langsung produk yang diincar. 

"Selain ini, kami akan membuat pengiriman uang kepada orang yang dicintai semudah mengirim pesan, karena orang secara fisik jauh satu sama lain," jelas WhatsApp.

Model bisnis yang dijalankan Facebook yakni pembayaran di WhatsApp diaktifkan oleh Facebook Pay. Arah ke depan, WhatsApp ingin memungkinkan orang dan bisnis menggunakan informasi kartu yang sama di seluruh keluarga aplikasi Facebook.

Untuk keamanan, Facebook menyertakan jaminan keamanan dan PIN atau sidik jari dengan kata sandi enam digit guna mencegah transaksi tidak sah.

Di Brazil, model pembayaran ini didukung kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi di jaringan Visa dan Mastercard dan bekerja sama dengan Cielo. Perusahaan pemroses pembayaran terkemuka di negara itu.

"Kami telah membangun model terbuka untuk menyambut lebih banyak mitra di masa depan," kata WhatsApp tentang ekspansinya mendatang.

Mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp gratis untuk orang-orang. Pelaku bisnis yang akan membayar biaya pemrosesan untuk menerima pembayaran pelanggan. Langkah ini mirip dengan model pendapatan dari transaksi kartu kredit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook whatsapp uang elektronik ovo LinkAja

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top