Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perusahaan Swasta Jepang Luncurkan Roket Momo 5

Pada Mei 2019, Interstellar Technologies menjadi perusahaan swasta Jepang pertama yang mengirim roket ke tepi ruang angkasa, sekitar 100 kilometer di atas bumi
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  14:51 WIB
Roket Momo 5 milik Jepang
Roket Momo 5 milik Jepang

Bisnis.com, MANADO— Ikut meramaikan pasar kendaraan ruang angkasa global, perusahaan asal Jepang Interstellar Technologies Co. Ltd meluncurkan roket Momo 5 pada Minggu 14 Juni 2020.

Momo 5 mengudara dari Taiki, Hokaido pukul 5.15 waktu Hokaido atau pukul 3.15 WIB.

Dalam keterangan resminya, Presiden Interstellar Technologies Co. Ltd Takahiro Inagawa mengungkapkan roket tersebut mengudara sekitar 70 detik dan kemudian mesin secara manual berhenti dalam keadaan darurat dan dengan aman jatuh ke permukaan air.

Dia mengungkapkan banyak hasil yang diperoleh dari peluncuran tersebut, yang merupakan langkah besar menuju pengembangan roket di masa depan. Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kepada berbagaio pihak yang bekerja sama dalam peluncuran tersebut.

“Kami akan terus meluncurkan roket observasi ‘MOMO’ dan roket injeksi orbit satelit ‘ZERO’. Kami akan berusaha keras untuk mengembangkan roket dan layanan peluncuran roket,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (14/6/2020).

Pada Mei 2019, Interstellar Technologies menjadi perusahaan swasta Jepang pertama yang mengirim roket ke tepi ruang angkasa, sekitar 100 kilometer di atas bumi.

MOMO-5, berukuran sekitar 10 meter panjangnya, berdiameter 50 sentimeter dan berat 1 ton. Roket ini diharapkan untuk menguji sensor navigasi untuk digunakan dalam roket pembawa satelit yang saat ini sedang dikembangkan perusahaan.

Perusahaan itu, awalnya berencana meluncurkan roket pada Januari tetapi menunda karena ada kesalahan dalam komponen elektronik. Pada awal Mei, perusahaan terpaksa menjadwal ulang lagi setelah penduduk setempat menyatakan keprihatinan tentang COVID-19.

Pada hari Sabtu, perusahaan menunda lift untuk ketiga kalinya dan menunda kembali sehari karena angin kencang. Pada Minggu, roket mengudara selama 70 detik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi jepang roket
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top