Donasi Digital via Tokopedia Naik 20 Kali Lipat

Akbar Evandio
Jumat, 22 Mei 2020 | 19:25 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Tokopedia di Jakarta, Selasa (28/1). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan beraktivitas di dekat logo Tokopedia di Jakarta, Selasa (28/1). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan perdagangan elektronik, Tokopedia melihat adanya antusiasme sangat tinggi dari masyarakat dalam berbagi dan melalukan donasi digital dari rumah.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan hal ini terlihat dari nilai transaksi pada fitur Donasi yang meningkat menjadi lebih dari 20 kali lipat selama Maret dan April 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Melalui fitur ‘Bantu Pejuang Covid-19’, Tokopedia bersama masyarakat berhasil mengumpulkan sebesar Rp7,3 miliar untuk membantu menyalurkan alat pelindung diri dan peralatan medis lainnya ke 131 rumah sakit dan institusi kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya, Jumat (22/5/2020).

Sebagai informasi tambahan, Tokopedia telah membuka sejumlah jalur donasi, antara lain fitur Bantu Pejuang Covid-19, Bantu Terdampak Covid-19, Kotak Amal, serta Donasi Sembako melalui halaman Checkout Tokopedia.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan amanah dan terpercaya, donasi yang terkumpul disalurkan secara berkala untuk masyarakat terdampak pandemi,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan OVO dan Grab untuk mengumpulkan donasi Rp3 miliar yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk pengadaan keperluan tenaga medis, seperti APD, masker, hand sanitizer, multivitamin dan sarung tangan.

“Selama Ramadan, Tokopedia kembali berkolaborasi dengan OVO dan Grab untuk melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan Rp1,5 miliar melalui Patungan Untuk Berbagi THR. Donasi tersebut disalurkan untuk membantu pekerja sektor informal di Indonesia, melalui donasi minim kontak; dari pengumpulan dana, pemesanan barang, hingga pengiriman,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper