Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Adu Kemampuan Call of Duty dan PUBG, Mana Lebih Unggul?

Menarik untuk mengulas sejauh apa adu keunggulan antara dua gim peperangan paling populer saat ini yakni Call of Duty dan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  11:04 WIB
Perbandingan Call Of Duty dan PUBG. - Phonearena
Perbandingan Call Of Duty dan PUBG. - Phonearena

Bisnis.com, JAKARTA - Dua multiplayer game battle royale yakni Call of Duty dan PlayerUnknown's Battlegrounds boleh jadi saat ini sedang memimpin pasar gim sejenis di Playstore maupun iOS.

Kedua gim tersebut secara tidak langsung tengah bersaing untuk digandrungi oleh para gamers mancanegara maupun nasional. Namun demikian baik PUBG maupun CoD memiliki sama-sama masing-masing kelebihan dan kekurangan. Apa saja?

Seperti dikutip dari Phonearena, Rabu (20/5/2020),terdapat sejumlah perbedaan mendasar yang bisa jadi mempengaruhi minat pengguna antara CoD dan PUBG. Dalam hal ini Phonearena membandingkan beberapa sisi seperti grafik dan gaya permainan, kamera dan kontrol game, zona atau map hingga persenjataan.

Grafik dan Gaya Permainan

CoD mobile mulai dianggap sebagai salah satu gim paling dicari di pasar ponsel pintar. Hal ini cukup beralasan. Sebab visual CoD terbilang cukup bagus. Gambaran medan serta karakter dinilai cukup terperinci bahkan tidak terlihat adanya celah grafik jelek.

Lingkungannya sama realistis dengan yang pengguna lihat mulai dari pohon, rumput, gunung. Grafik alam berpadu sempurna demi menciptakan lingkungan seperti yang sebenarnya.

Sementara itu, PUBG menurut Phonearena menampilkan elemen grafik dan visual yang tampak tidak saling menyatu antarsatu sama lain seperti CoD mobile.

Karakter Pemain

Perbedaan besar antarakedua game adalah bagaimana mereka menciptakan karakter pemain. Di CoD, seluruh karakter hanya berpakaian militer.

Sementara itu di PUBG, pemain mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk menyesuaikan penampilan karakter mulai dari warna kulit, rambut, dan sebagainya.

Akan tetapi kebebasan ini membuat pemain dalam game terlihat konyol. Para pemain berlombah mengenakan pakaian aneh seperti baju koki, jubah, bahkan hanya bikini.

Satu sisi, CoD mencoba membuat pemain merasa seperti mesin pembunuh yang sangat terlatih dalam misi. Sementara itu, PUBG memberi pemain pilihan untuk berpenampilan serius atau sesederhana yang diinginkan.

Gameplay

Umumnya, dua game ini memiliki filosofi yang berbeda. PUBG menjadi lebih ketat, serius dan kuno, sementara CoD mengambil pendekatan yang lebih arcade. Dalam banyak aspek, gim ini sangat mirip, tetapi ada beberapa hal membuat gameplay terasa sangat berbeda.

Kedua game sama-sama memiliki mode orang pertama atau orang ketiga. Satu perbedaan adalah bahwa PUBG memungkinkan Anda beralih di antara keduanya dari tombol di layar sesering yang Anda suka.

Mode orang ketiga dapat dijadikan untuk mengintip sudut atau tepi pemain tanpa mengekspos karakter Anda ke tembakan musuh. Namun beberapa pemain memilih untuk tidak memiliki opsi itu dan memilih untuk bermain dalam mode orang pertama.

Mode Pemain

Kedua game juga menawarkan tiga mode dalam tim yaitu pemain tunggal, duo maupun berempat. Pada mode ini, CoD Mobile memiliki opsi untuk menghidupkan kembali rekan setimnya yang mati.

Kesamaan berlanjut pada bagian kontrol. Kedua game menawarkan tingkat penyesuaian yang ekstrem. Pemain dapat memindahkan dan mengubah ukuran tombol dengan cara apa pun yang diinginkan.

Saat penjarah musuh, pemain dapat memilih item mana yang akan diambil. Dengan waktu yang cukup, pemain dapat menyesuaikan pengaturan game agar lebih sesuai dengan karakter masing-masing.

Persenjataan

Satu perbedaan utama antara kedua game adalah bahwa Call of Duty memiliki mode auto-fire yang tidak dimiliki PUBG. Dengan autofire aktif, ketika crosshair, pemain akan otomatis menembak ke arah musuh. Namun secara keseluruhan, pemain disarankan menarik pelatuk sendiri dalam mode battle royale.

Map

Map atau lokasi tepur CoD terkesan futuristik. Namun PUBG memiliki empat peta besar dengan kondisi berbeda mulai gurun, musim dingin serta medan khas geografi Asia. Ini menambah keseruan dan memberi banyak opsi pilihan pada pemain.

Kendaraan

Call of duty adalah selangkah lebih maju dalam kesediaan kendaraan. Selain sepeda motor, mobil, dan kapal biasa, CoD memiliki dua lagi yang ekstra menyenangkan untuk digunakan yaitu kereta dengan senapan mesin di atasnya.

Sementara PUBG memiliki buggy yang memungkinkan pemain kedua menembakkan senjatanya, tetapi itu tidak persis sama. Apa yang tidak dimiliki PBGG sama sekali adalah helikopter. Helikopter di Call of duty sangat mudah untuk terbang dan memungkinkan pemain dan tim melintasi medan perang dalam hitungan detik.

Kustomisasi

Baik Call of Duty maupun PUBG sama-sama menjual berbagai kostumisasi untuk menghasilkan uang. Mulai dari tarian kemenangan hingga parasut dan setelan sayap hingga kulit granat. PUBG sangat bersandar pada penjualan pakaian.

Kesimpulan

PUBG memiliki lebih banyak peta dan lebih banyak pakaian. Jika dua hal ini sangat penting bagi Anda, maka itulah permainan yang harus Anda jalani. Di sisi lain, Call of duty menawarkan gameplay yang lebih dipoles dan menghibur dengan visual yang lebih baik dan fitur menarik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game mobile game PUBG

Sumber : Phonearena

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top