Operator Berlomba Menangkap Peluang Solusi IoT

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk, saat ini berlomba dalam menangkap peluang tersebut.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 Mei 2020  |  14:06 WIB
Operator Berlomba Menangkap Peluang Solusi IoT
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). Pemerintah beserta operator seluler sepakat akan tetap memberlakukan aturan blokir Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) mulai 18 April 2020 dalam upaya memberantas ponsel atau HP ilegal yang banyak beredar di pasaran. - ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah operator berlomba menawarkan Solusi IoT yang memiliki potensi cukup besar di tengah krisis virus corona atau Covid-19. 

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk,  saat ini berlomba dalam menangkap peluang tersebut. Di tengah kondisi pandemi, Telkomsel memperkenalkan teknologi Asset Performance Management (APM).

APM adalah solusi end-to-end berbasis IoT yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menilai bahwa kualitas aset merupakan salah satu hal yang paling krusial dalam sebuah bisnis. Untuk menjaga kualitas aset tetap prima, Telkomsel pun menghadirkan alat yang dapat memantau kondisi dari aset tersebut.

“Oleh karena itu, solusi terbaru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan produktivitas, dan ketika diimplementasikan secara nasional, solusi ini akan mampu memperkuat daya saing bangsa,” kata Setyarto, Sabtu (16/5/2020)

Solusi Asset Performance Management ini dapat diimplementasikan pada berbagai industri, seperti industri makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik dan manufaktur yang mana implementasi use casenya seperti  cold chain monitoring, inventory management, dan shipment monitoring.

Kehadiran layanan Asset Performance Management merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Roambee, yaitu startup penyedia layanan pemantauan aset berbasis end-to-end IoT asal Sillicon Valley, Amerika Serikat.

Sementara itu, Group Head Enterprise Product XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz mengatakan bahwa Unit Business Solutions XL Axiata terus menggenjot pasar IoT dengan memberikan teknologi yang terdepan, memberikan solusi end-to-end yang relevan dengan kebutuhan pasar.

Sharif menjelaskan bahwa pihaknya menfokuskan pada 3 bisnis vertikal IoT yakni agrikultura, transportasi, dan smart city.

 “Kami mentargetkan jaringan NB-IoT akan terus bertambah dan tersedia di seluruh kota yang sudah dilayani dengan jaringan 4G,” tuturnya.   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, telkomsel, operator telekomunikasi

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : David Eka Issetiabudi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top