Bagaimana Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy A01?

Samsung Galaxy A01 memiliki kemampuan bertahan yang sama di kalangan pesaingnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  19:10 WIB
Bagaimana Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy A01?
Samsung Galaxy 01 kini menyasar generasi Z. Harga yang ditawarkan adalah kurang dari Rp1,5 juta. - Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung meluncurkan ponsel pintar entry-level terbarunya, Galaxy A01. Ponsel tersebut mengusung baterai berkapasitas 3000 mAh.

Kapasitas baterai tersebut tak dapat dipungkiri jauh lebih kecil dibandingkan dengan ponsel lain yang bertarung di segmen entry-level. Sebagai informasi, dua ponsel di kelas tersebut, yaitu Xiaomi Redmi 8A punya baterai berkapasitas 5000mAh. Kemudian ada Oppo F9 dengan baterai berkapasitas 3500 mAh.

Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi mengatakan walaupun hanya mengusung baterai berkapasitas 3000 mAh. Dia mengklaim Galaxy A01 mampu bertahan lama seperti persaingan di segmen yang sama. Ketahanan tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah ukuran layar yang jauh lebih kecil, hanya 5,71 inci.

"Layarnya kan lebih kecil hanya 5,71 inci, belum lagi didukung oleh chipset yang digunakan ini kan dayanya cukup hemat Screen on Time (SoT) sekitar 4-5 jam dan stand by pemakaian normal bisa bertahan 10-12 jam," katanya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Galaxy A01 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 439. Chipset tersebut diklaim mampu memberikan performa yang lebih tinggi, daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan pendahulunya di kelas yang sama. Adapun, untuk layar berukuran 5,71 inci jenisnya adalah layar TFT.

Selain itu, menurut Irfan ketahanan Galaxy A01 juga didukung oleh adanya fitur Night Mode atau mode malam pada antarmuka One UI yang berjalan di sistem operasi Android 10.

"Fitur ini bisa memaksimalkan ketahanan baterai Galaxy A01 karena bisa mengurangi paparan cahaya layar ketika digunakan," ujarnya

Chipset Qualcomm Snapdragon yang diusung Galaxy A01 ditemani oleh pengolah grafis Adreno 505 dan RAM 2 GB. Adapun, untuk penyimpanan internalnya berkapasitas 16 GB dan bisa diekspansi sampai dengan 512 GB menggunakan slot microSD.

Kemudian ponsel dual sim ini hadir dengan fitur unggulan berupa Selfie Focus yang mampu memburamkan layar belakang ketika berswafoto.

Kamera depannya yang beresolusi 5 MP termuat dalam sebuah notch kecil di bagian atas layar yang berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.520 piksel).

Adapun, kamera belakang terdiri dari buah, yakni kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4) yang berfungsi untuk memberikan efek bokeh di foto portrait.

One UI 2.0. Ponsel tersebut tersedia di Indonesia dengan tiga warna, antara lain black, blue, dan red. Namun sayangnya, warna red baru akan hadir mulai April 2020 mendatang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
samsung

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top