Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemblokiran Ponsel Ilegal Diuji Coba Hari ini

Pemerintah mulai melakukan ujicoba pemblokiran ponsel ilegal pada hari ini. Proses tersebut merupakan salah satu tahapan untuk membendung masuknya ponsel ilegal ke Indonesia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  12:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah bersama-sama dengan perusahaan operator seluler melakukan uji coba pemblokiran ponsel ilegal atau yang lebih sering dikenal dengan istilah BM (black market) pada hari ini (17/2/2020)

Uji coba yang rencananya dilakukan bersama dengan PT Telekomunikasi Seluler dan PT XL Axiata Tbk., tersebut bertujuan mengetahui metode paling efektif dalam pengendalian IMEI ilegal yang sudah mulai berlaku pada April 2020. 

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA). Adapun tiap slot kartu di gawai memiliki IMEI yang berbeda-beda. 

Sebelumnya, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Mochamad Hadiyana mengatakan bahwa implementasi pengendalian IMEI akan dilakukan sesuai jadwal, yakni April 2020. 

Hadiyana melanjutkan, selama proses uji coba berlangsung, operator seluler akan mendapat pinjaman alat EIR dari penyedia EIR. Namun, setelah uji coba berakhir, alat tersebut akan kembali ditarik. 

Seperti deritakan oleh Bisnis sebelumnya, operator diwajibkan untuk memiliki EIR , sebagaimana yang tercantum pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.11/2019. Meski demikian, bagi operator, investasi untuk pengadaan EIR bukan lah hal yang mudah. Sebab, biaya yang harus dikeluarkan cukup besar sekitar US$40 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel ponsel ilegal
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top