KABAR PASAR 19 DESEMBER: Kado Amazon di Akhir Tahun, Tunda 5G

Renat Sofie Andriani
Kamis, 19 Desember 2019 | 08:46 WIB
Mobil Swakemudi Amazon. /Silicon Valley
Mobil Swakemudi Amazon. /Silicon Valley
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai investasi komputasi awan di Indonesia dan pembahasan keputusan terkait teknologi 5G, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (19/12/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Kado Amazon di Akhir Tahun. Amazon Web Services, perusahaan penyedia layanan komputasi awan asal Amerika Serikat, akhirnya merealisasikan rencana investasi pembangunan tiga pangkalan data di Indonesia dengan nilai fantastis sebesar US$2,5 miliar atau sekitar Rp35 triliun.

Pertamina Siapkan US$591 Juta. PT Pertamina EP Cepu (PEPC) menyiapkan investasi US$591 juta untuk melanjutkan pengerjaan Proyek Unitisasi Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB) pada 2020. Direktur Utama Pertamina EP Cepu Jamsaton Nababan mengatakan anggaran investasi 2020 tercatat naik 78,55% dibandingkan dengan investasi tahun ini US$331 juta.

Optimistis atau Utopis? Pemerintah telah menyiapkan berbagai skenario untuk mengerek pertumbuhan ekonomi yang masih berkutat di level 5%. Target ambisius dicanangkan. Angka 6% ditargetkan terealisasi pada 2023. Realistiskah?

Tunda 5G. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Sosial Demokrat sepakat untuk menunda pembahasan keputusan terkait teknologi 5G hingga tahun depan. Kebijakan ini akan berpengaruh terhadap bisnis raksasa teknologi asal China, Huawei Technologies Co. Ltd.

Hangat Batu Bara di Asia. Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) memproyeksikan permintaan batu bara global pada 2019 menurun dibandingkan dengan 2018. Adapun, selama 5 tahun ke depan, permintaan naik tipis, ditopang pertumbuhan yang kuat di pasar utama Asia.

Waskita Akan Biayai Proyek Baru. PT Waskita Toll Road baru saja melakukan divestasi pada dua ruas tol yakni Solo— Ngawi dan Ngawi—Kertosono—Kediri. Penjualan konsesi senilai Rp2,5 triliun akan digunakan perusahaan antara lain untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur baru.

Emil Rayu Pengembang Kakap Dubai. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus menjajaki rencana investasi dari para pengusaha Uni Emirat Arab (UEA) dengan menawarkan Kawasan Segitiga Rebana (Patimban, Kertajati, Cirebon).

Jokowi Pastikan Nama Terpilih Orang Baik. Sejumlah nama yang diisukan masuk dalam jajaran bursa Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mulai mengerucut.

Stok BBM & Elpiji Dijamin Aman. PT Pertamina (Persero) menjamin perhitungan ketahanan stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama momentum Natal dan Tahun Baru telah mencakup proyek infrastruktur yang baru beroperasi.

Penjualan Mobil Dekati Sejuta Unit. Penjualan mobil makin mendekati 1 juta unit. Agen pemegang merek terus memacu dealer untuk menggapai target hingga penutupan 2019. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis PT Astra International Tbk., wholesales mobil pada Januari—November 2019 mencapai 940.362 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper