Sertifikasi Perusahaan Teknologi: Keamanan Data di Blibli.com Makin Terjamin

Keamanan data pelanggan di Blibli.com diklaim makin terjamin setelah perusahaan menjadi marketplace dagang-el pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat standar keamanan ISO/IEC 27001: 2013.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  12:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Keamanan data pelanggan di Blibli.com diklaim makin terjamin setelah perusahaan menjadi marketplace dagang-el pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat standar keamanan ISO/IEC 27001: 2013.

Sertifikat tersebut didapatkan setelah perusahaan memeroleh sertifikat tersebut dari British Standard Institution (BSI) pada Selasa (10/12/2019).

 Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com Ongkowijoyo mengatakan perusahaan memeroleh sertifikat tersebut karena dinilai telah memenuhi syarat dalam menjalankan strategi di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API).

 Dia menjelaska  terdapat tiga hal penting yang dilakukan perusahaan dalam menjamin keamanan data konsumen.

Pertama, melibatkan orang-orang yang memiliki kemampuan khusus dalam hal menjaga keamanan data. Kedua, memiliki kelengkapan daripada data atau informasi. Ketiga, menjaga keamanan jalur akses terhadap data atau informasi yang dimiliki.

"Melalui standarisasi ini, Blibli.com semakin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce mulai dari pelaku bisnis hingga pelanggan akan pentingnya keamanan data, bukan saja data pelanggan tetapi juga data korporat," ujar Ongkowijoyo, Selasa (10/12/2019).

Managing Director BSI Indonesia Erna Damayanti mengatakan sertifikat ISO/IEC 27001:2013 diberikan kepada Blibli.com setelah melalui proses audit secara menyeluruh.

 Adapun, dengan sertifikat ISO/IEC 27001:2013 perusahaan diminta untuk mengimplementasikan kontrol-kontrol pengendalian tertentu terhadap keamanan informasi data, baik informasi data yang terkait dengan perusahaan atau pun data pelanggan.

Dia melanjutkan, framework yang terstruktur dan sistematis yang dimiliki ISO/IEC 27001:2013 memastikan kejelasan dan konsistensi pengelolaan data, di mana informasi atau data yang dijaga bukan hanya data yang tersimpan secara digital, tetapi juga data yang tersurat.

 Hal tersebut berkaitan dengan akan disesuaikannya standardisasi pendidikan sumber daya manusia di perusahaan, salah satunya Blibli.com, dengan ISO/IEC 27001:2013, khususnya terkait dengan pengamanan data-data yang ditulis di atas kertas.

 "Nanti di Blibli.com akan memastikan seluruh data yang ditulis di atas kertas tidak akan dibuang secara seenaknya ke tempat sampah," tegas Erna.

Dalam penerapannya, ISO/IEC 27001 memiliki 114 kontrol pengendalian bersama dengan beberapa turunannya yang terdiri atas ratusan kontrol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
blibli.com

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top