Peresmian Proyek Palapa Ring Timur, Presiden Akan Gelar Konferensi Video

Puput Ady Sukarno
Senin, 14 Oktober 2019 | 10:22 WIB
Palapa Ring Jilid II./infopublic.id
Palapa Ring Jilid II./infopublic.id
Bagikan

Bisnis.com, SORONG - Peresmian Proyek Palapa Ring Timur bakal disertai video conference antara Presiden Joko Widodo di Istana Negara dan sejumlah pejabat pemda di Papua, Papua Barat maupun Nusa Tenggara Timur (NTT), Aceh dan Kalimantan Timur.

Berdasarkan jadwal resmi yang Bisnis.com peroleh, Presiden Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo akan melakukan konferensi video dengan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani serta Wakil Walikota Sorong Pahimah Iskandar di Papua Barat. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan melakukan konferensi video dengan Bupati Merauke, Danlantamal Merauke di Papua. Kemudian juga dengan Wakil Gubernur NTT dan Bupati Kab. Rote Ndao, NTT. Lalu dengan Bupati dan Ketua DPRD Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim, serta dengan Wakil Walikota Sabang dan Sekda Kota Sabang, Aceh. 

Konferensi video dijadwalkan dilakukan pasca Menteri Kominfo Rudiantara memberikan pidato laporan tentang Palapa Ring kepada Presiden Jokowi, yang selanjutnya diikuti penanyangan video pembangunan infrastruktur TIK oleh BAKTI. 

Setelah itu, dilanjutkan sambutan Presiden Jokowi dan disusul penandatanganan Prasasti Digital sebagai tanda peresmian pengoperasian Palapa Ring. Presiden Jokowi saat konferensi video akan didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Kepala BIN Budi Gunawan. 

Seperti diketahui bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada hari ini Senin (14/10/2019), akan meresmikan beroperasinya Palapa  Ring  Timur yang selesai dibangun Agustus 2019. 

Paket Palapa Ring Timur melengkapi jaringan tulang punggung internet nasional Palapa Ring yang telah lebih dulu beroperasi dan dinikmati masyarakat sejak 2018, yaitu paket Palapa Ring Barat dan Tengah. 

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. PT Telkom telah mengintegrasikan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU. 

Penggelaran Palapa Ring oleh Pemerintah sepanjang lebih dari 12.000 km di 57 kabupaten/kota di 11 provinsi dengan skema KPBU merupakan wujud dari kebijakan afirmatif pemerintah untuk menyediakan internet cepat di wilayah-wilayah Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) yang secara komersial tidak feasible untuk dibangun oleh pihak swasta. 

Bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat, PT LEN Telekomunikasi Indonesia, PT Palapa Timur Telematika, pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah menuntaskan pembangunan jaringan serat optik nasional di seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia pada Agustus 2019. 

Nama Palapa dalam Palapa Ring diambil dari Sumpah Palapa yang dikumandangkan oleh Patih Gajah Mada yang bertekad menyatukan Nusantara. Dengan tekad yang sama, pembangunan telekomunikasi dituntaskan dari Sabang sampai Merauke, dan Pulau Miangas sampai Pulau Rote. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper