3 Indonesia dan XL Axiata Bakal Merger?

Terbuka peluang kerja sama antara PT Hutchison 3 Indonesia dengan PT XL Axiata Tbk seiring dengan pembicaraan yang sedang dibangun oleh induk kedua perusahaan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 10 September 2019  |  12:14 WIB
3 Indonesia dan XL Axiata Bakal Merger?
XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - Terbuka peluang kerja sama antara PT Hutchison 3 Indonesia dengan PT XL Axiata Tbk seiring dengan pembicaraan yang sedang dibangun oleh induk kedua perusahaan.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (10/9/2019). CK Hutchison Holdings Ltd., tengah mendekati Axiata Group Bhd. mengenai kemungkinan penggabungan usaha atau merger kedua operator telekomunikasi mereka yang beroperasi di Indonesia.

CK Hutchison secara informal menyampaikan minatnya untuk mengeksplorasi kombinasi bisnis nirkabel Indonesia dengan unit lokal operator Malaysia, PT XL Axiata Tbk.

Hanya saja, para pihak belum memulai negosiasi substantif. Bloomberg mendapat informasi tersebut dari seseorang identitasnya dirahasiakan, karena informasi bersifat pribadi.

Adapun struktur pasti dari setiap kesepakatan potensial di Indonesia belum ditentukan, kata narasumber tersebut.  Perwakilan untuk CK Hutchison menolak berkomentar.

"Axiata telah menciptakan peningkatan nilai dan daya tarik yang signifikan untuk operasinya dan seperti yang dibuktikan dalam satu tahun terakhir," kata Axiata dalam sebuah pernyataan menanggapi pertanyaan Bloomberg.

"Kami telah menarik banyak pelamar untuk bermitra dengan kami dan berusaha untuk mendapatkan aset kami termasuk Telenor, Mitsui, Sumitomo, antara lain."

Berdasarkan Laporan keuangan interim terbarunya, Hutchison Asia Telecommunications, telah mengembangkan bisnis telekomunikasi CK Hutch di Indonesia, Vietnam dan Sri Lanka, dengan mengantongi sekitar 45,7 juta akun pelanggan aktif di ketiga negara.

Indonesia menyumbang HK$ 3,7 miliar (US$ 472 juta), atau 86% dari total pendapatan Hutch Asia dalam enam bulan pertama 2019.

Ini adalah satu-satunya pasar Hutch Asia yang membukukan laba positif sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi.

Adapun, Axiata dan Telenor, operator asal Norwegia, pekan lalu mengakhiri pembicaraan untuk menggabungkan operasi telekomunikasi Asia mereka.

Saham XL Axiata melonjak sebanyak 9,8% dalam perdagangan Selasa pagi di Jakarta, kenaikan terbesar sejak 18 Februari. Saham telah naik sekitar 76% tahun ini, memberikan nilai pasar perusahaan sebesar  US$2,65 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, operator seluler, operator telekomunikasi, hutchison 3

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top