East Ventures Masuk Daftar Lima Modal Ventura dengan Performa Terbaik Dunia

East Ventures menempati peringkat ketiga sebagai sebagai modal ventura dengan performa paling baik dan konsisten  di seluruh dunia pada kuartal III/2018.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  16:18 WIB

 Bisnis.com, JAKARTA — East Ventures ditetapkan sebagai salah satu modal ventura dengan performa paling baik dan konsisten  di seluruh dunia pada kuartal III/2018, sejajar dengan perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat dan Hong Kong seperti BenchmarkCapital, Click Ventures, G Squared dan Merus Capital.

Penghargaan tersebut berdasarkan riset dari Preqin, merupakan perusahaan internasional yang menyediakan data dan informasi keuangan tentang pasar aset alternatif, seperti Private Equity, Modal Ventura, Hedge Funds, dan lain-lain.

Data laporan tersebut menyatakan per September 2018, jumlah dana yang dikelola East Ventures  dalam 10 tahun terakhir mencapai US$135 juta, dan menunjukkan bahwa ketiga dana investasi perusahaan memiliki performa yang lebih baik dibanding perusahaan modal ventura global lainnya dan berhasil masuk dalam kuartil teratas.

Gelar ini menempatkan East Ventures, yang merupakan perusahaan modal ventura asal Indonesia, setara dengan perusahaan-perusahaan modal ventura besar lainnya di Amerika Serikat dan Hong Kong.

“East Ventures pun menjadi satu-satunya VC asal Asia Tenggara yang mendapatkan gelar bergengsi tersebut,” demikian dikutip dari siaran pers, Senin (19/8/2019).

Untuk menentukan perusahaan modal ventura terbaik pada laporan tersebut, Preqin mengumpulkan data performa IRR (Internal Rate of Return) dari seluruh perusahaan modal ventura di dunia.

IRR sendiri merupakan persentase keuntungan yang diberikan oleh VC kepada investor (LP) mereka. Performa dari para VC tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, dan kelompok teratas disebut dengan kuartil teratas (top quartile).

 Pada umumnya, modal ventura dapat memiliki angka IRR yang tinggi dengan berinvestasi kepada startup dengan ekosistem yang matang seperti di Amerika Serikat maupun Cina.

Sementara East Ventures sejak awal berdiri sepuluh tahun lalu, terus memberikan dukungan kepada lebih dari 150 startup di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sebelumnya, East Ventures juga mendapatkan gelar sebagai perusahaan modal ventura tahap awal paling aktif di dunia pada kuartal ketiga tahun 2018 menurut Crunchbase.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
modal ventura

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top