Peneliti di Singapura Temukan Pakaian Pintar Perangkat Nirkabel

Pakaian 'pintar' dapat meningkatkan sinyal dan menghemat masa pakai baterai.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  00:59 WIB
Peneliti di Singapura Temukan Pakaian Pintar Perangkat Nirkabel
Ilustrasi - Codyapp

Bisnis.com, JAKARTA — Para peneliti di Singapura telah menemukan pakaian 'pintar' yang dapat meningkatkan sinyal dan menghemat masa pakai baterai pada perangkat nirkabel, seperti headphone dan smartwatch.

Penemuan yang disebut metamaterial tersebut memungkinkan gelombang radio seperti Bluetooth dan Wi-Fi untuk meluncur melintasi pakaian di antara perangkat yang sedang dipakai, alih-alih memancar keluar ke segala arah.

Para ilmuwan tersebut menyatakan, sensor dan teknologi yang dapat dipakai seperti Apple Watches dan AirPods dapat menghasilkan koneksi yang lebih kuat dan lebih cepat, serta menghemat energi.

"Pakaian pintar ini meningkatkan konektivitas nirkabel perangkat di sekitar tubuh saya sebanyak 1.000 kali," ujar asisten profesor John Ho yang mengenakan kemeja olahraga dari bahan metamaterial, Kamis (15/8/2019) dilansir dari Reuters.

Pakaian tersebut, menurutnya, bisa digunakan untuk mengukur tanda-tanda vital dari atlet atau pasien rumah sakit. Metamaterial pun dapat menjaga sinyal lebih aman karena dapat menjauhi potensi penyadapan gelombang radio.

Ho mengawasi tim beranggotakan 10 orang yang mengembangkan teknologi tersebut lebih dari setahun.

Tim tersebut telah memperoleh paten sementara pada desain tekstil yang dapat dicuci, dikeringkan, dan disetrika seperti pakaian normal dengan biaya produksi hanya beberapa dolar per meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi, teknologi informasi

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top