Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Axiata Lepas 70% Saham Bisnis Data Center, Bentuk JV dengan Princeton

Perusahaan patungan XL dengan Princeton Digital Group menyiapkan modal US$100 juta untuk pengembangan usaha.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Juli 2019  |  19:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata mendivestasi sebagian kepemilikan di bisnis layanan data center. Princeton Digital Group asal Singapura mengakuisisi 70% kepemilikan XL di layanan infastruktur digital tersebut.

XL Axiata saat ini memiliki lima fasilitas pangkalan data (data center) yang tersebar di seluruh Indonesia. Setelah proses akuisisi, XL Axiata dan Princeton membentuk perusahaan patungan yang diberi nama Princeton Digital Group Data Centres.

Perusahaan patungan itu akan mendukung eksistensi strategis PDG di Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2025.

CEO XL Axiata Tbk. Dian Siswarini menjelaskan pihaknya melakukan divestasi bisnis data center karena potensi bisnis di Indonesia berkembang pesat. Dia menilai perpaduan antara pengalaman XL Axiata di Indonesia dengan keahlian yang dimiliki Princeton Digital Group akan menjadi kekuatan besar yang dapat menaklukan pasar di Indonesia.

Joint venture ini seharusnya diposisikan dengan baik untuk menaklukkan pasar,” kata Dian kepada Bisnis, Rabu (3/7/2019).

Dian menambahkan sebelum membentuk perusahaan patungan, pihaknya telah melalui proses seleksi yang kompetitif untuk menentukan mitra strategis. Proses seleksi berlangsung terbuka baik untuk mitra lokal maupun internasional. Adapun jatuhnya pilihan mitra kepada Princeton Digital Group dikarenakan XL Axiata melirik pada reputasi yang dimiliki PDG.

 “Kami memilih Princeton Digital Group berdasarkan reputasi keahlian dan kapabilitas mereka di bidang bisnis Data Center,” kata Dian.

Dian menuturkan perusahaan patungan dengan PDG tersebut menyiapkan modal US$100 juta untuk pengembangan usaha. Pengembangan nantinya akan berfokus pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas lima pangkalan data yang ada saat ini, serta akan membangun fasilitas pangkalan data baru yang lebih besar untuk menargetkan perusahaan hyperscale, unicorn, dan enterprise.  

Sementara itu, Rangu Salgame, Chairman dan CEO, Princeton Digital Group meyakini perusahaan patungan ini akan menjadi pemimpin pasar di Indonesia, dan menjadi salah satu operator pangkalan data terbesar di Asia Tenggara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata data center
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top