10 Tips Mudah Mengontrol Privasi Akun Facebookmu dengan Benar

Puput Ady Sukarno
Rabu, 3 Juli 2019 | 15:46 WIB
Ilustrasi - Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019)./Bisnis-Reuters-Stephen Lam
Ilustrasi - Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019)./Bisnis-Reuters-Stephen Lam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pada zaman milenial seperti ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial, seperti Facebook dan lain sebagainya. 

Tentu bermacam alasan masyarakat memiliki akun media sosial. Ada yang untuk usaha sambilan, mencari kawan atau saudara yang lama terpisah jarak, atau bahkan memang hanya untuk untuk menunjukkan eksistensi diri.

Namun begitu, apakah mereka, dan mungkin termasuk Anda, sudah yakin paham bagaimana cara mengontrol akun media sosial tersebut dengan baik dan benar?

Kalau belum, ini ada 10 tips untuk mengontrol akun Facebookmu, yang dikutip Bisnis, Rabu (3/7/2019), dari Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) yang perlu disimak.


1. Periksa Pengaturan Aktivasi Akunmu. 

Buka https://fb.me/PemeriksaanPrivasi , akan membantumu mengulas dengan siapa kamu mengunggah dan bertukar pesan, mengatur dan menghapus aplikasi yang terkoneksi dengan akunmu, serta mengubah privasi informasi pada profilmu.

2. Kamu bisa mengatur iklan yang kamu lihat. 

Buka situs https://fb.me/Preferensilklan, akan menampilkan minat-minatmu dan informas yang mempengaruhi iklan yang kamu lihat, sekaligus membantumu mengelola informasi ini.

3. Pahami audiensimu.

Kamu bisa memilih audiens akunmu. Buka https://fb.me/Preferensilklan untuk menggunakan perangkat yang memungkinkan kamu menentukan siapa pihak yang melihat setiap unggahanmu. Kamu juga bisa memilih standar audiensmu dalam pengaturan privasi dan mengubahnya setiap saat sesuai kebutuhanmu.

4. Jika kamu tidak suka sesuatu, hapus saja. 

Kamu bisa menggunakan Log (Riwayat) Aktivitas Facebook-mu dengan membuka https://fb.me/Aktivitaslog untuk mengulas seluruh linimasa akunmu dan menghapus unggahan yang lama.

5. Lindungi kata sandimu.

Pilihlah kata sandi yang kuat dan menjaga keamanan akunmu. Jangan sebarkan kata sandimu. Jangan gunakan kata sandi serupa untuk akun sosial media yang lain, dan putuskan sambungan perangkat yang dibagikan. Pilihiah kata sandi yang sulit ditebak. Hindari menggunakan nama, kata-kata atau frasa yang umum.

6. Jangan Pernah Bagikan Informasi Detail Log-masuk Akunmu.

Para penipu bisa menciptakan situs palsu serupa dengan Facebook dan memintamu Log-Masuk dengan alamat surat elektronik dan kata sandimu. Pastikan kamu mergecek alamat situs atau tautan (URL) sebelum kamu memasukkan detail akunmu.

7. Jangan Terima Undangan Dari Orang Yang Tidak Kamu Kenal.

Sebelum menerima undangan dari orang lain, cek akun mereka. Apakah kamu mengenal mereka? Apakah kamu memiliki teman yang sama? Jika tidak. lebih baik jangan terima undangan mereka.

8. Jika Diperlukan, Kamu Bisa Blokir Seseorang.

Jika kamu ingin menghindari seseorang menghubungi atau mengidentifikasimu, kamu bisa blokir mereka dengan klik https://fb.me/pengaturanblokir di Pengaturan. Ketika kamu blokir seseorang, mereka tidak bisa melihat aktivitas Facebookmu.

9. Laporkan Konten yang Melanggar Standar Komunitas.

Jika kamu melihat foto atau komentar yang mengganggu. kamu bisa melaporkannya https://fb.me/caralapor. Jika ini melanggar standar komunitas maka Facebook akan menghapusnya.

10. Jangan Pernah Klik Link Yang Mencurigakan. 

Meskipun alamat situs atau tautan (link) terlihat serupa dari yang dikirmkan temanmu atau nama perusahaan yang kamu ketahui, tetaplah waspada. Ingat, Facebook tidak pernan meminta kata sandi dari surat elektronikmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper