Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fitur Transfer Uang Kudo Laris saat Lebaran

Rata-rata nilai transaksi paling tinggi tercatat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  12:48 WIB
(Kiri ke kanan) Direktur Retail Banking BNI Tambok P Setyawati, CEO & Co-Founder Kudo Agung Nugroho, dan Pemimpin Divisi E-Banking BNI Anang Fauzie melakukan simulasi proses transfer uang di Warung Digital Serba Bisa Kudo yang telah didukung oleh BNI di Jakarta pada Kamis (2/5/2019). - Bisnis/M. RIchard
(Kiri ke kanan) Direktur Retail Banking BNI Tambok P Setyawati, CEO & Co-Founder Kudo Agung Nugroho, dan Pemimpin Divisi E-Banking BNI Anang Fauzie melakukan simulasi proses transfer uang di Warung Digital Serba Bisa Kudo yang telah didukung oleh BNI di Jakarta pada Kamis (2/5/2019). - Bisnis/M. RIchard

Bisnis.com, JAKARTA — Kudo, perusahaan rintisan penyedia aplikasi digital untuk warung tradisional, mencatat layanan kirim uang yang baru diperkenalkan pada Mei 2019 menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan saat Ramadan 2019.

Co-Founder & CEO Kudo Agung Nugroho menyatakan puncak transaksi kirim uang paling banyak terjadi pada 28 hingga 31 Mei 2019, dan Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah transaksi kirim uang terbesar di Indonesia, diikuti oleh provinsi lainnya seperti Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

“Karena ini layanan baru keuangan digital, konsumen banyak menyisihkan uang THR mereka melalui agen Kudo untuk dikirimkan ke tempat daerahnya. Rata-rata lumayan besar Rp600.000 sampai Rp1 juta-an. Terlihat bahwa layanan keuangan digital masih sangat perlu tapi layanannya masih sangat jarang,” ujarnya, Kamis (27/6).

Dia menambahkan, transaksi terbanyak melalui agen Kudo dilakukan pada pukul 6 hingga 8 malam, yaitu sebelum dan sesudah waktu berbuka puasa. Dalam kurun waktu yang sama selama Ramadan, produk dan layanan lainnya yang paling banyak diakses adalah pulsa, utilitas, kirim uang, produk supermarket, kupon dan voucer.

Adapun selama Ramadan, Kudo mencatat beberapa provinsi dengan rata-rata nilai transaksi transfer paling tinggi, antara lain Jawa Barat Rp1 juta, Jawa Tengah Rp1,5 juta, Banten Rp600.000, Jawa Timur Rp1,5 juta, dan DKI Jakarta Rp600.000.

“Kudo dari awal sampai sekarang berkembang luar biasa. Kami telah menjangkau lebih dari 2 juta agen Kudo dan hadir di lebih dari 500 kota di Indonesia. Target 1 hingga 2 tahun ke depan jumlah agen dapat double,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini fokus perusahannya adalah memberikan layanan keuangan digital kepada masyarakat luas dengan keterbatasan akses digital dan perbankan. Dengan layanan kirim uang melalui jaringan agen Kudo yang berkolaborasi dengan Bank BNI, pihaknya ingin memberikan manfaat bagi para pemilik warung dan pelanggannya untuk dapat mengirim uang tanpa perlu datang ke bank.

Lebih lanjut, Kudo yang diakusisi oleh Grab pada Mei 2017 ini juga telah merekrut lebih dari 700.000 pengemudi Grab melalui pemilik warung yang merupakan agen Kudo. Dengan bergabung ke dalam ekosistem Grab, Kudo juga bekerja sama dengan Ovo sehingga agen Kudo dapat bertransaksi dengan Ovo Cash.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online to offline atau o2o
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top