Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inilah 3 Profesi yang Paling Sering Mengakses Internet

Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 mengungkapkan bahwa pekerjaan wirausaha besar, guru dan pedagang onlineshop merupakan tiga pekerjaan yang paling sering mengakses internet.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  08:06 WIB
Ilustrasi - Hoovers
Ilustrasi - Hoovers

Bisnis.com, JAKARTA – Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 mengungkapkan bahwa pekerjaan wirausaha besar, guru dan pedagang onlineshop merupakan tiga pekerjaan yang paling sering mengakses internet.

Ketiga profesi menempati urutan teratas dengan penggunaan internet mencapai 100 persen. Menyusul kemudian profesi lainnya seperti Jasa konsultan, mahasiswa dan Aparatur Sipil Negara, penggunaan internetnya mencapai 94,7 persen, 92,1 persen, dan 90,9 persen.

Sementara, petani penggarap, buruh tani dan petani lahan sendiri menempati urutan terbawah dalam penetrasi internet penggunaan internet masing-masing tercatat, 20,3 persen, 25,7 persen, dan 33,5 persen.  

Adapun berdasarkan umur, tercatat rentan usia 15 -19 tahun menjadi usia yang paling banyak menggunakan internet. Sementara itu, semakin tinggi usia seseorang terlihat penggunaan internet mereka makin berkurang.

Berdasarkan survei, penetrasi internet terhadap seseorang dengan suia 65 tahun keatas hanya 8,5 persen.

Kemudian dari segi pendidikan, mayoritas pengguna internet di Indonesia ada dua. Pertama, orang yang pernah kuliah namun tidak tamat. Kedua, pengguna yang tamat S3. Penggunaan internet masing-masing bidang pendidikan mencapai 100 persen.

Diketahui, Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 melibatkan 5.900 sampel dengan margin of Error 1,28 persen. Sampel yang diambil adalah orang yang telah berinternet lebih dari tiga bulan sejak akhir 2018. Survei ini dilaksanakan mulai dari 9 Maret – 14 April 2019.

Adapun teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuesioner. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha internet guru
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top