Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penetrasi Internet, Bengkulu Kalahkan Jakarta

Bengkulu menjadi kota dengan penetrasi tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di seluruh Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  06:37 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things

Bisnis.com, JAKARTA –  Bengkulu menjadi kota dengan penetrasi internet tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei nasional pengguna Internet 2018 yang dilakukan oleha Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Apjii) pada 9 Maret – 14 April 2019.  Bengkulu menempati posisi teratas dengan penetrasi internet mencapai 85 persen.

Di bawah Bengkulu, terdapat Provinsi Sumatra Barat yang hanya terpaut 0,8 persen dari Bengkulu, yaitu sebesar 84,2 persen.

Sementara itu DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia hanya menempati urutan ke tiga dengan penetrasi internet di Indonesia. Tercatat penetrasi internet di Jakarta hanya 80,4 persen. Diikuti di bawahnya Provinsi Kalimantan Barat dengan 80 persen.

Sekjen APJII, Henri Kasyfi mengatakan salah satu penyebab tingginya penetrasi di sejumlah provinsi termasuk Jakarta, karena pembangunan jaringan telekomunikasi yang sudah mumpuni.

“Infrastruktur yang sudah matang,” kata Henri kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Selain DKI Jakarta beberapa provinsi yang penetrasi internetnya telah di atas 70 persen antara lain, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Papua dan Sulawesi Tenggara.

Diketahui, Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 melibatkan 5.900 sampel dengan margin of Error 1,28 persen. Sampel yang diambil adalah orang yang telah berinternet lebih dari tiga bulan sejak akhir 2018. Survei ini dilaksanakan mulai dari 9 Maret – 14 April 2019.

Adapun teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuesioner.    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta internet bengkulu
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top