Penetrasi Internet, Bengkulu Kalahkan Jakarta

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 21 Mei 2019 | 06:37 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Bengkulu menjadi kota dengan penetrasi internet tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei nasional pengguna Internet 2018 yang dilakukan oleha Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Apjii) pada 9 Maret – 14 April 2019.  Bengkulu menempati posisi teratas dengan penetrasi internet mencapai 85 persen.

Di bawah Bengkulu, terdapat Provinsi Sumatra Barat yang hanya terpaut 0,8 persen dari Bengkulu, yaitu sebesar 84,2 persen.

Sementara itu DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia hanya menempati urutan ke tiga dengan penetrasi internet di Indonesia. Tercatat penetrasi internet di Jakarta hanya 80,4 persen. Diikuti di bawahnya Provinsi Kalimantan Barat dengan 80 persen.

Sekjen APJII, Henri Kasyfi mengatakan salah satu penyebab tingginya penetrasi di sejumlah provinsi termasuk Jakarta, karena pembangunan jaringan telekomunikasi yang sudah mumpuni.

“Infrastruktur yang sudah matang,” kata Henri kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Selain DKI Jakarta beberapa provinsi yang penetrasi internetnya telah di atas 70 persen antara lain, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Papua dan Sulawesi Tenggara.

Diketahui, Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 melibatkan 5.900 sampel dengan margin of Error 1,28 persen. Sampel yang diambil adalah orang yang telah berinternet lebih dari tiga bulan sejak akhir 2018. Survei ini dilaksanakan mulai dari 9 Maret – 14 April 2019.

Adapun teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuesioner.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper