ISP Summit Asia-Pasific 2019 Prediksi Adopsi Layanan Komputasi Awan Bertumbuh

Rahmad Fauzan
Sabtu, 30 Maret 2019 | 18:37 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Dalam ajang Internet Service Provider (ISP) Summit Asia Pacific 2019 di Nusa Dua, Bali, Jumat (29/3/2019) , lebih dari 50 perusahaan pelaku industri internet se-Asia Pasifik membahas berbagai tantangan seiring dengan hadirnya era kecerdasan buatan (AI) dan pangkalan data berbasis komputasi awan.

Dalam gelaran rutin yang telah memasuki tahun keempat tersebut, layanan komputasi awan diperkirakan tumbuh, dan infrastruktur yang mulai menggunakan pangkalan data berbasis komputasi awan yang lebih fleksibel dan gesit akan semakin marak.

Presiden Grup Bisnis Enterprise South Pacific Huawei, Daniel Zhou, mengatakan perkembangan infrastruktur internet di Asia-Pasifik saat ini belum merata dan begitu majemuk.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah menawarkan sejumlah solusi kepada beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina dalam membangun jaringan bearer (pemikul), serta memenuhi kebutuhan pengembangan Singapura dalam mengembangkan layanan data center," kata Daniel Zhou dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (30/3/2019).

Beberapa perusahaan industri ISP asal Indonesia seperti Biznet, IndoKeppel iForte, Intikom, Fiberstar, CBN, dan Intikom turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Adapun, perusahaan-perusahaan tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital di kawasan Asia-Pasifik serta memperluas peran serta jangkauan dunia digital di negara-negara tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper