Operator Seluler Berharap Pendapatan dari Pariwisata

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 18 Maret 2019 | 18:29 WIB
Susasana di gerai pelayanan pelanggan Indosat Ooredoo/Indosat
Susasana di gerai pelayanan pelanggan Indosat Ooredoo/Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan operator seluler melihat bisnis komersial  memiliki prospek cerah dalam mendorong pendapatan perseroan. Salah satu sektor potensial untuk bisnis komersial (business to business/B2B) adalah sektor pariwisata. 

Intan Abdams Katoppo, Chief Bussines Officer PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) mengatakan perseroan telah mengembangkan kerja sama B2B di bidang pariwisata dengan beberapa hotel dan restoran.

Sejauh ini, sambungnya, kerja sama B2B memberi manfaat signifikan kepada semua pihak baik kepada perusahaan hotel maupun perusahaan seluler. 

“Untuk Hospitality industry kami sudah banyak kerja sama dengan beberapa hotel, untuk value chainnya managemen dan untuk Informatioan Technologi,” kata Intan kepada Bisnis, Senin (18/3/2019).

Disamping itu, lanjutnya, kerja sama B2B di bidang pariwisata juga dilakukan dalam mewujudkan smart city di beberapa daerah. Kerja sama B2B mendorong pariwisata di daerah lewat teknologi informasi dan komunikasi sehingga tempat wisata di daerah semakin terbuka dan dikenal oleh orang awam. 

“Saat ini sudah ada 32 smart city dan sekarang menuju 50 kota kemudian menuju 100 kota yang akan bergabung dengan Indosat [untuk smart city]” kata Intan.

Intan menerangkan pada 2019 perseroan berharap B2B dapat menyumbangkan 30% dari total revenue di 2019,  atau tumbuh 16%-20% dibandingkan dengan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper