Tips Sukses Membangun Startup dari Bos Tokopedia

N. Nuriman Jayabuana
Jumat, 14 Desember 2018 | 08:32 WIB
Tokopedia Center/istimewa
Tokopedia Center/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - William Tanuwijaya sebagai sosok sentral di balik kesuksesan Tokopedia memberikan sejumlah wejangan bagi anak muda yang tengah mendirikan bisnis rintisan.

Dia mengungkapkan salah satu modal penentu keberhasilan sebuah usaha rintisan merupakan kegigihan. William menyarankan agar perintis usaha baru jangan terlalu banyak mengeluh terhadap keterbatasan yang dimiliki saat memulai bisnis.

"The underdog mentality adalah modal yang paling penting. Semangat itu yang harus terus tertanam, dalam arti tidak boleh banyak excuse dan sering mengeluh terhadap keterbatasan. Fokus saja bagaimana caranya memecah persoalan yang ada," ujarnya saat berbagi cerita kepada Bisnis di Tokopedia Tower, Rabu (12/12).

Di samping itu, William mengungkapkan pendiri bisnis rintisan justru perlu banyak belajar dari perusahaan yang gagal bertahan. Dengan banyak mempelajari apa saja penyebab kegagalan, pendiri bisnis rintisan dapat terdorong menemukan berbagai cara untuk dapat terus bertahan.

Selanjutnya, pendiri usaha rintisan mesti peka terhadap gejala perubahan pasar. Pengembangan bisnis rintisan yang baik disebutnya mesti terus sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Banyak perusahaan yang mungkin berhasil, tapi mungkin hanya dalam 20 tahun tutup begitu saja. Semua itu karena mereka tidak lagi relevan terhadap perkembangan zaman. Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus mengikuti perubahan," ujarnya.

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan rintisan teknologi Indonesia bervaluasi di atas US$1 miliar. Perusahaan memperoleh kucuran dana US$1,1 miliar dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group dalam putaran pendanaan terbaru yang diumumkan Rabu (12/12/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper