LAPORAN DARI BEIJING: JD Kembangkan AI Untuk Industri Fesyen & Kosmetik

Fajar Sidik
Selasa, 13 November 2018 | 00:41 WIB
Salah seorang model mencoba AI Mirror di salah satu kantor JD.com di Beijing, Senin (12/11/2018). (Fajar Sidik/Bisnis)
Salah seorang model mencoba AI Mirror di salah satu kantor JD.com di Beijing, Senin (12/11/2018). (Fajar Sidik/Bisnis)
Bagikan

Bisnis.com, BEIJING - JD.com, salah satu pemain e-commerce global asal China, mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk mendukung kebutuhan industri fesyen dan kosmetik.

Dua produk artificial intelligence (AI) tersebut berupa cermin interaktif dan layar interaktif yang dikembangkan langsung oleh JD teknologi sejak tahun lalu.

Produk yang dinamakan AI Mirror dan JDAR tersebut didemonstrasikan saat rombongan wartawan Indonesia diundang ke markas JD.com di Beijing, China, Senin (12/11/2018).

AI Mirror adalah layar interaktif yang memiliki fitur berbagai pilihan produk kosmetik, seperti lipstik, bedak, eye shadow, hingga lensa kontak yang dapat dipilih dan diaplikasikan langsung pada wajah secara elektronik.

Pada layar AI Mirror, konsumen dapat memilih merek produk, seperti lipstik dan dapat dicoba diaplikasikan di dalam layar Cermin  AI dengan memilih varian warna yang tersedia.

Dalam simulasi alat tersebut pengguaannya sangat mudah yang dapat membantu konsumen mencoba produk kosmetik secara digital, baik saat berbelanja online, maupun melalui toko offline yang menyediakan AI Mirror tersebut.

JD sendiri telah menerapkan dan mengkomersialisasikan produk AI Mirror ini baik di dalam flatform belanja online JD.com, maupun sejumlah toko kosmetik offline.

Di Beijing sendiri sudah ada empat toko kosmetik yang menggunakan AI Mirror dan akan terus dikembangkan untuk mendukung industri gaya hidup sebagai salah satu bisnis utama JD.com.

Sedangkan produk kedua dikembangkan untuk mendukung industri fesyen berupa layar interaktif berukuran sekitar 180 cm x 80cm yang dinamakan JDAR.

Layar interaktif ini menyediakan berbagai pilihan fesyen pria dan wanita, baik baju maupun celana  yang dapat dipilih dan dicoba secara digital.

Saat berdiri di depan layar akan muncul otomatis karakter digital di dalam layar, lengkap dengan pilihan produk fesyen pada kanan-kiri layar.

Sayangnya produk tersebut masih dalam tahap uji coba dan masih disempurnakan oleh tim JD, sehingga belum dikomersialisasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper