Tips Beralih dari Buku ke e-Book

Gombang Nan Cengka
Minggu, 2 September 2018 | 16:15 WIB
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bahkan bagi pencinta buku cetak, saat ini semakin sulit mengingkari kepraktisan buku elektronik. Bentuknya yang lebih kompak dan bisa diakses dari berbagai aplikasi dan peranti, membuat e-book kian menarik bagi mereka yang hobi membaca.

Memperoleh buku elektronik pada 2018 ini juga lebih mudah: Anda bisa mengunduh, membeli, atau meminjamnya. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang tertarik beralih dari kertas.

Peranti Membaca

Banyak pilihan untuk membaca buku elektronik. Buat sebagian orang e-reader seperti Kindle atau Kobo merupakan kewajiban, terutama karena memang dirancang untuk buku elektronik. Alternatif lain adalah komputer tablet (iPad atau tablet Android), yang juga punya kegunaan lain sebagai peranti komputasi umum (tidak hanya buku elektronik), tetapi sayangnya punya daya tahan baterai yang jauh lebih pendek.

Tips Beralih dari Buku ke e-Book
Kindle Paperwhite

Dulu komputer tablet dan e-reader (perangkat khusus pembaca buku elektronik) merupakan favorit saya untuk membaca. Namun sejak layarnya makin besar ukurannya, ponsel pintar merupakan alternatif lain yang menarik.

Sumber buku

Buku elektronik bisa didapatkan dari berbagai sumber: Anda bisa membeli, mengunduh, atau bahkan memindai buku cetak (yang sudah ada). Yang terakhir ini agak rumit, dan membutuhkan aplikasi dengan fitur OCR (optical character recognition) untuk mendapatkan hasil maksimal. Karena itu Anda mungkin akan lebih suka menggunakan dua cara pertama, kecuali bila Anda memang ingin mendigitalisasi koleksi buku cetak Anda.

Dewasa ini terdapat toko buku elektronik yang terintegrasi dengan platform peranti (Google Play Books untuk Android, Amazon untuk Kindle, iBooks untuk iPhone, iPad, dan Mac). Peranti e-reader seperti Nook atau Sony juga menyediakan aplikasi untuk komputer pribadi, tablet, dan ponsel.

Anda tidak harus membatasi diri kepada toko aplikasi saja untuk mendapatkan buku elektronik. Berbagai situs web menyediakan unduhan buku elektronik secara gratis, baik legal ataupun ilegal. Project Gutenberg (http://www.gutenberg.net) menyediakan teks buku yang sudah ada dalam domain publik, begitu juga situs lain seperti Manybooks.net

Ketika mengunduh buku, Anda harus memperhatikan format yang digunakan. Kebanyakan aplikasi dan peranti e-reader (kecuali Amazon Kindle) mendukung format epub dan PDF. Sebaiknya, pilih salah satu dari format ini. Alternatif lain adalah MOBI dan AZW yang digunakan Kindle, tetapi juga bisa dibaca oleh banyak aplikasi independen.

Tidak semua orang ingin membeli buku hanya untuk membacanya.

Beberapa layanan yang “meminjamkan” buku pada saat ini juga sudah bermunculan. Khusus untuk layanan lokal, kita bisa menyebutkan layanan berbayar seperti Gramedia Digital Premium, yang menawarkan puluhan ribu buku dan majalah. Sebagian koleksi tersebut kini juga tersedia melalui aplikasi T-Perpus besutan Telkomsel. Ada pula iPusnas yang menyediakan akses ke koleksi perpustakaan nasional.

Aplikasi

Kecuali perangkat e-reader seperti Kindle, Anda harus memasang aplikasi tambahan untuk membaca buku elektronik. Sebagian aplikasi ini, seperti Google Play Books, Nook, Amazon Kindle (untuk Android, Windows, iOS, dan macOS), terintegrasi dengan toko buku digital. Integrasi seperti ini mempermudah Anda untuk mendapatkan buku-buku terbaru.

Tips Beralih dari Buku ke e-Book
Google Playbooks

Namun, cukup banyak pula aplikasi dari pihak ketiga yang bisa digunakan. Favorit saya sejauh ini masih FBReader (untuk Android), yang bisa menangani berbagai jenis format dan dilengkapi dengan fitur sinkronisasi lewat Google Drive.

Namun Anda bisa menjajal berbagai aplikasi lain, seperti Moon+ Reader, yang dilengkapi dengan integrasi dengan perpustakaan daring dan sinkronisasi lewat Dropbox, atau Cool Reader yang juga mendukung banyak format dan fitur lain seperti perpustakaan daring dan pembacaan teks (text to speech).

Koleksi

Bila Anda punya banyak buku elektronik hasil unduhan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan penggunaan aplikasi pengelola koleksi seperti Calibre di komputer pribadi. Aplikasi ini mempermudah penyelarasan buku dengan peranti portabel seperti ponsel, tablet, atau bahkan Kindle dan iPad.

Tips Beralih dari Buku ke e-Book
Calibre, program pengelola koleksi e-book

Salah satu fitur yang sangat berguna dari Calibre adalah konversi format buku, yang bisa mengubah buku unduhan ke format lain. Hal ini berguna bila aplikasi yang Anda gunakan di peranti lain (ponsel, e-reader) hanya mendukung format tertentu. Fitur lain adalah pencarian metadata dan sampul buku, yang sering tidak tersedia dari buku hasil unduhan.

Alternatif lain adalah mengunggah e-book ke layanan seperti Google Play Books, yang juga bisa berfungsi sebagai pengelola koleksi buku.

Kelebihannya adalah Anda bisa memusatkan koleksi buku di satu tempat, dan Anda bisa mengaksesnya dari mana saja sepanjang ada koneksi internet. Anda juga bisa mengunduh buku untuk dibaca luring (tanpa koneksi). Google Play Books hanya bisa menerima buku dalam format epub dan PDF.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper