Alat Timbang Weigh in Motion Astra Tol Tangerang-Merak Raih Penghargaan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Agustus 2018 | 07:44 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ASTRA Tol Tangerang-Merak meraih penghargaan Apresiasi Inovasi 2018  dari dari koran Sindo untuk kategori Inovasi Produk & Teknologi melalui alat timbang Weigh in Motion(WIM).

Penghargaan diterima langsung oleh Tarsisius Wijaya, Direktur Keuangan dan Administrasi PT Marga Mandalasakti. 

Penghargaan yang diberikan kepada ASTRA Tol Tangerang-Merak adalah Pelopor Layanan Jalan Tol yang Memanfaatkan Teknologi Weigh in Motion(WIM) sebagai Solusi Komprehensif dalam Upaya Pengendalian Kendaraan Overload.Inovasi WIM yang sudah diterapkan secara konsisten sejak tahun 2014 dan memberikan dampak positif bagi seluruhstakeholder ini dinilai inovatif dan bervisi jangka panjang sehingga layak mendapatkan apresiasi.

Implementasi timbangan elektronik berbasis WIM pertama di Indonesia yang dimiliki ASTRA Tol Tangerang-Merak ini ditanam pertama kalinya di Gerbang Cilegon Barat adalah sebagai bentuk hasil kajian panjang ASTRA Tol Tangerang-Merak untuk menjaga kualitas jalan yang disebabkan oleh kendaraan angkutan barang dengan mutan berlebih (overload). Dari hasil data kajian kendaraan overload mampu mereduksi umur jalan hingga 50% sebelum masanya.

“Sejak tahun 2014 diimplementasikan, ASTRA Tol Tangerang kini memiliki 4 unit WIM yang terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Barat dan Cikande. WIM dapat memprediksi umur jalan, mengevaluasi pemeliharaan serta perawatan perkerasan jalan secara periodik, juga dapat mengukur Vehicle Damage Factor (VDF) yang terjadi pada Ruas Tol Tangerang-Merak,” ujar Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti dalam siaran persnya.

Dengan adanya WIM, ASTRA Tol Tangerang-Merak mampu mengupayakan penertiban kendaraan overload yangdiintegrasikan dengan sistem peralatan transaksi tol. WIM dapat mengukur beban kendaraan sehingga dapat menunjukan tingkat akurasi yang tinggi dalam melakukan justifikasi kendaraan angkutan barang bermuatan lebih. Akurasi WIM dikalibrasi ulang setiap tahunnya, dan disertifikasi langsung oleh Badan Metrologi.

Kendaraan yang melintasi WIM, akan secara otomatis ditimbang dan diketahui bobotnya, jika  melebihi kapasitas beban yang diizinkan akan diberi tiket khusus untuk keluar gerbang tol terdekat.

“Dengan demikian, diharapkan pengguna jalan menjadi lebih tertib dengan berkendara sesuai beban muatan kendaraan sehingga potensi pengurangan umur jalan kami akibat kendaraan overloadmenurun dan jalan kami pun terlindungi,” tambah Sunarto.

Penertiban ini terbukti mampu menurunkan tingkat kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan overloadsebesar 76%. Sejak diterapkannya pada tahun 2014, ASTRA Tol Tangerang-Merak secara konsisten melakukan sosialisasi baik melalui media, kegiatan bersama badan usaha jalan tol (BUJT) lain dan langsung mendatangi kawasan industri. ASTRA Tol Tangerang-Merak juga berkoordinasi dan mendorong seluruhstakeholder terutama pemerintah baik Badan Pengatur Jalan Tol maupun Kementerian Dinas Perhubungan untuk juga dapat menertibkan kendaraanoverload demi sistem infrastruktur jaringan jalan yang lebih baik.

Melalui inovasi ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak menjadi yang pertama dan diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pengelola jalan tol lainnya serta regulator dalam penerapan sistem timbangan elektronik dan memberlakukan mekanisme pengaturan kendaraan overload yang terintegrasi dengan sistem jaringan jalan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper