Sony Luncurkan Sensor Kamera Ponsel 48 Megapiksel

Gombang Nan Cengka
Selasa, 24 Juli 2018 | 02:19 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sony mengumumkan IMX586, yang disebut sebagai sensor kamera ponsel 48 megapiksel pertama kali di industri. Produk ini menggunakan piksel berukuran 0,8 mikrometer, yang memungkinkan menjejalkan 48 megapiksel ke dalam sensor berukuran diagonal 8,0 mm.

Dalam siaran persnya tertanggal 23 Juli 2018, Sony menyebutkan bahwa sensor ini pertama kali akan mulai dikirim ke para pembuat gawai bulan September 2018 mendatang.

Menurut Sony, dengan kemampuan mengambil gambar sampai 48 megapiksel, kamera yang menggunakan sensor ini bisa bersaing dengan kamera SLR.

Sensor IMX586 ini menggunakan larik tapis warna Quad Bayer, yang memungkinkan penggabungan empat piksel menjadi satu. Akibatnya adalah sensor dengan resolusi efektif 12 megapiksel. Pada gilirannya ini menghasilkan kamera dengan jepretan gambar dan video yang berkualitas tinggi meskipun dengan pencahayaan redup.

Ketika mendapatkan pencahayaan lebih cerah, sensor IMX586 bisa menggunakan pengolahan citra yang menghasilkan gambar 48 megapiksel.

Teknologi kendali bukaan (exposure) dan pengolahan sinyal yang terintegrasi ke dalam sensor citra ini, memungkinkan keluaran real-time dan rentang dinamis empat kali lebih tinggi dibandingkan sensor biasa. Ini artinya pengambilan gambar yang lebih akurat, serta perekaman dengan laju bingkai (framerate) 90 fps untuk video beresolusi 4K (4096x2160 piksel). Untuk resolusi yang lebih rendah (1080p), sensor ini bahkan bisa merekam video dengan framerate sampai 240 fps, dan pada resolusi 720p sensor bisa mendapatkan video dengan framerate 480 fps.

Sony merupakan salah satu pemasok utama sensor kamera untuk ponsel pintar dan kamera DSLR. Produknya ini dapat ditemukan baik di kamera dan ponselnya sendiri, maupun di kamera dan ponsel pintar dari perusahaan lain, seperti Samsung dan Apple.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Sony
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper