Lokasi Pengguna iPhone Tersedia Instan Saat Darurat

Apple akan membagikan lokasi iPhone secara otomatis saat pengguna ponsel tersebut menghubungi nomor gawat darurat.
Demis Rizky Gosta | 18 Juni 2018 22:11 WIB
iPhone X muncul di layar video raksasa di Apple Visitor Center di Cupertino California Amerika serikat, 17 November 2017. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Apple akan membagikan lokasi iPhone secara otomatis saat pengguna ponsel tersebut menghubungi nomor gawat darurat.

Fitur terbaru iPhone tersebut, menurut siaran pers Apple, akan tersedia bagi pengguna sistem operasi iOS 12 di Amerika Serikat pada tahun ini.

Apple menyatakan fitur pemberitahuan lokasi secara otomatis bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan respons petugas dalam keadaan darurat.

Sekitar 80% dari panggilan gawat darurat melalui nomor 911 di Amerika Serikat berasal dari ponsel. Untuk membantu respons petugas, Apple telah meluncurkan HELO (Hybridized Emergency Location) pada 2015 untuk memperkirakan lokasi ponsel yang menghubungi 911 menggunakan lokasi menara telekomunikasi dan sumber lain seperti GPS dan Wi-Fi.

Apple akan mengabungkan teknologi tersebut dengan teknologi milik RapidSOS yang berbasis data IP untuk membagikan data lokasi pengguna dengan pusat panggilan 911.

Sistem RapidSOS akan terintegrasi dengan peranti lunak yang digunakan oleh pusat panggilan 911 di seluruh penjuru AS.

“Masyarakat bergantung pada 911 dalam keadaan darurat. Kami percaya mereka harus memiliki teknologi terbaik,” kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran pers, Senin (18/6/2018).

Tag : iphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top