Review Xiaomi Redmi Note 5: Terbaik di Kelas Mid-Low

Baru-baru ini vendor asal China, Xiaomi, turut memperkenalkan ponsel pintar dengan kamera AI bernama Redmi Note 5.
Dhiany Nadya Utami | 21 Mei 2018 16:59 WIB
Tiga model warna Xiaomi Redmi Note 5 - Xiaomi

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak cara mempertajam dan memperindah hasil jepretan kamera digital. Ada merek yang berusaha menggunakan lensa terbaik, vendor lain memaksimalkan kekuatan resolusi kamera. Belakangan ini, banyak produsen yang memaksimalkan kemampuan perangkat lunak terutama teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Baru-baru ini vendor asal China, Xiaomi, turut memperkenalkan ponsel pintar dengan kamera AI bernama Redmi Note 5. Bisnis berkesempatan menjajal Redmi Note 5 varian RAM 4 GB dan storage 64 GB selama sepekan dan berusaha mengetahui bagaimana kinerja fitur-fitur yang disuguhkan ponsel ini, berikut ulasannya.

Tampilan dan Desain

Redmi Note 5 menyuguhkan layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9 dengan resolusi 2.160 x 1.080 piksel atau Full HD+. Bodinya tipis dan ringan dengan dimensi ponsel 158,6 x 75,4x8,05 mm dan desain pinggir melengkung sehingga nyaman untuk digenggam meski ukuran ponsel cukup besar.

Dari sisi tampilan, desain Redmi Note 5 tak jauh berbeda dengan seri Redmi yang lebih dulu hadir, bahkan mirip dengan Redmi 5 Plus. Perbedaannya ada pada kamera di bagian belakang. Jika Redmi 5 Plus hanya memiliki sebuah kamera di tengah, Redmi Note 5 hadir dengan kamera ganda yang diletakkan vertikal di sisi kiri atas ponsel, dilengkapi dengan lampu kilat yang diapit oleh kedua kamera.

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol daya, sedangkan pengguna dapat menemukan slot kartu SIM di sisi kiri. Redmi Note 5 memiliki 2 slot kartu hibrida yang dapat digunakan untuk microSD dan kartu SIM.

Adapun, pada bagian atas terdapat pemancar infra merah dan pada bagian bawah terdapat porta pengisi daya, lubang kabel audio 3,5 mm, dan pengeras suara.

Fitur Fotografi

Redmi Note 5 merupakan ponsel pertama dari seri Redmi yang mengadopsi kamera ganda. Ponsel ini dibekali kamera belakang 13 MP dan 5 MP serta kamera depan 13 MP plus LED flash untuk berswafoto.

Tampilan fitur kameranya sama seperti kamera ponsel Xiaomi lainnya. Untuk memilih mode kamera pengguna dapat menggeser pilihan-pilihan yang tersedia. Adapun, beberapa mode yang disuguhkan adalah mode Foto, Potret, Kotak, Panorama, Video, serta Video Pendek berdurasi 10 detik mirip fitur Instagram Stories.

Pada mode Foto, pengguna dapat mengaktifkan fitur HDR untuk hasil foto yang lebih maksimal. Fitur ini bekerja cukup baik dan berhasil membuat foto lebih terang dan detail tetapi pengguna harus berhati-hati untuk tidak menggoyangkan perangkat selama mengambil foto karena saat mengaktifkan fitur HDR gambar lebih sensitif terhadap gerakan. Untuk mode Manual, hanya tersedia pengaturan white balance dan ISO.

Adapun, untuk pengambilan foto dengan kondisi cahaya minim, kemampuan Redmi Note 5 patut diacungi jempol. Dengan bukaan f/1.9 Redmi Note 5 mampu mengambil gambar dengan detail yang cukup baik meski digunakan pada kondisi dalam ruangan yang minim cahaya. Sementara foto di luar ruangan dengan cahaya cukup tentu tidak mengecewakan.

Fitur lain yang akan disukai pengguna adalah fitur Potret yang dapat menghasilkan foto bokeh. Pada kamera belakang, fitur ini bekerja cukup baik dan menghasilkan foto bokeh yang natural meski kadang butuh sedikit kesabaran untuk menempatkan kamera pada posisi yang pas agar garis batas antara fokus objek dan latar belakang terlihat rapi.

Swafoto

Fitur swafoto jadi andalan Redmi Note 5. Kecerdasan buatan yang disematkan pada kamera depan ponsel ini disebut dapat menghasilkan swafoto yang lebih jernih. Pengguna dapat menekan ikon orang yang ada di tengah atas untuk mengaktifkan fitur Depth Effect alias foto bokeh berbasis segmentasi semantik. Secara keseluruhan hasilnya baik dan bokehnya terasa rapi, meski pada beberapa percobaan batas antara fokus objek dan latar belakang yang baur agak bercampur.

Saat menggunakan kamera depan, pengguna juga dapat memilih mode Beautification 4.0 yang memiliki 2 mode yakni Beauty dan Advanced. Fitur ini memiliki kemampuan menyempurnakan area wajah di antaranya membuat wajah lebih tirus, memperbesar mata, memuluskan kulit, dan memberikan kontur. Sebaiknya, pengguna tidak memilih level Beauty yang terlalu tinggi jika ingin hasil foto terlihat natural.

Untuk video tersedia 3 pilihan kualitas gambar yakni SD, HD, dan Full HD. Redmi Note 5 telah dilengkapi pula dengan fitur stabilisasi gambar yang membuat perekaman video lebih mulus. Pengambilan video di luar ruangan dengan cahaya yang cukup hasilnya baik dan jernih, sebaliknya saat di dalam ruangan hasil video cederung lebih buram.

Untuk video juga tersedia fitur Time Lapse dan Slow Motion. Hasil video kedua fitur ini terasa tak begitu baik dan tidak sejernih video biasa. Pengguna membutuhkan cahaya yang amat cukup agar dapat mengambil video yang bagus dengan fitur ini, jika tidak hasil video akan buram dan pecah-pecah.

Performa

Tak hanya kamera cerdas, Redmi Note 5 digadang-gadang punya performa prima dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 berarsitektur Kryo 260 yang dipadukan dengan GPU Adreno 509. Plus, ponsel satu ini punya baterai yang cukup besar untuk ukuran ponsel di kelasnya yakni 4.000 mAh.

Bisnis menjajal gim performanya dengan memainkan ponsel populer Mobile Legends: Bang Bang dan menyetel tampilan grafiknya pada level tertinggi. Selama digunakan, terasa gameplay-nya cukup lancar tanpa ada gambar yang patah-patah.

Baterainya juga cukup kuat. Setelah bermain gim sekitar 1 jam, baterai Redmi Note 5 hanya berkurang sekitar 14%. Kelebihan lainnya bodi ponsel juga tidak cepat memanas, walaupun setelah lama digunakan suhunya terasa naik tetapi tidak drastis dan masih nyaman untuk dipegang. Adapun, jika digunakan seharian untuk pemakaian wajar, baterainya tahan hingga 12—15 jam.

Fitur Lainnya

Redmi Note 5 memiliki fitur keamanan masa kini dengan teknologi Finger Print dan Face Detection. Ketika digunakan, kedua fitur ini sama-sama bekerja dengan maksimal. Baik fitur Finger Print maupun Face Detection merespons cepat ketika digunakan.

Akan tetapi sedikit kekurangan adalah saat kondisi cahaya minim atau gelap, Face Detection agak sulit digunakan karena belum mengadopsi teknologi pendeteksi iris mata.

Secara keseluruhan, untuk harga yang ditawarkannya yakni Rp2.999.000 untuk varian RAM 4 GB/ROM 64 GB dan Rp2.499.000 untuk varian RAM 3GB/ROM 32 GB spesifikasi dan performa yang ditawarkan Redmi Note 5 cukup sepadan, apalagi bagi para penggemar foto bokeh ala masa kini. Di samping itu, performa ponsel juga cukup tangguh digunakan sehari-hari termasuk bagi para gamers

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top