Jangan Lengah, Ini Cara Amankan Akun Google Anda

Dhiany Nadya
Kamis, 8 Februari 2018 | 13:18 WIB
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menjaga agar informasi pribadi aman dan terlindungi saat terhubung dengan Internet sangat penting.

Bagi para pengguna layanan Google mulai dari Gmail, Youtube, atau Chrome, beruntung karena perusahaan asal Amerika Serikat ini mengembangkan fitur proteksi untuk menjaga keamanan data penggunanya.

Ini dia beberapa alat dan fitur yang disarankan Google untuk memproteksi diri Anda di dunia maya.

Pertama, periksa keamanan akun anda lewat g.co/securitycheckup. Langkah ini hanya membutuhkan waktu 2 menit. 

Setelah terdeteksi, Security Checkup akan menunjukkan kondisi keamanan akun anda. Tanda hijau untuk batas aman, sementara tanda kuning dan merah menunjukkan ada masalah yang harus segera diatasi.

Security Checkup juga akan memberi Anda rekomendasi spesifik tentang langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menambah proteksi akun.

Kedua, perhatikan peringatan otomatis. Google telah mempunyai sistem untuk memproteksi akun Anda dari penipuan akun palsu maupun situs yang berbahaya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah jangan mengabaikan notifikasi peringatan dari Google dan ikuti setiap instruksi yang muncul.

Ketiga, proteksi Google Account Anda dengan sistem autentikasi berlapis. Dengan mengaktifkan mode ini, untuk bisa mengakses akun Anda butuh password dan kode verifikasi yang dikirim ke nomer ponsel yang terdaftar.

Keempat, jika Anda pengguna Android, pastikan hanya mengunduh aplikasi lewat Google Play. Aplikasi yang diunduh dari Google Play akan mudah terdeteksi oleh Google Play Protect yang akan mencegah masuknya malware dan virus.

Kelima, jaga keamanan Youtube. Penyedia layanan video gratis ini membolehkan pengguna melaporkan konten-konten yang dirasa tidak tepat seperti konten kekerasan ataupun berbau SARA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dhiany Nadya
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper