Ada 5G di Asian Games

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 25 Januari 2018 | 21:23 WIB
Pengunjung beraktivitas  di salah satu sudut  Stadion Utama Gelora Bung Karno,  seusai menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Islandia di Jakarta, Minggu (14/1). Stadion yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo ini diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux./JIBI-Dedi Gunawan
Pengunjung beraktivitas di salah satu sudut Stadion Utama Gelora Bung Karno, seusai menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Islandia di Jakarta, Minggu (14/1). Stadion yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo ini diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux./JIBI-Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Uji coba penerapan teknologi 5G bakal tetap dilakukan bersamaan dengan pesta olahraga Asian Games pada medio 2018.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Izza mengatakan saat ini detail persiapan penerapan uji coba masih dibahas secara intensif. Adapun, Telkomsel akan menyediakan percobaan penerapan 5G melalui virtual reality (VR) dan fixed wireless access (FWA) pada Asian Games tahun iniz

"Pertama 5G direncanakan diterapkan di Asian Games 2018 yaitu Telkomsel akan sediakan trial 5G VR dan FWA di Asian Games 2018," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (25/1/2018).

Sebelumnya, pemerintah merencanakan uji coba dilakukan pada medio 2018. Pemerintah pun telah mengeluarkan beleid berupa Peraturan Menteri yakni Permen No.5/2016 untuk mengakomodasi uji coba.

Ericsson memperkirakan penerapan awal 5G akan menghasilkan sekitar 28 juta pelanggan 5G pada 2022 di kawasan Asia Pasifik.

Lebih lanjut, kawasan Asia Pasifik ini akan memimpin penyebaran global 5G, yang akan mencakup 10% dari jumlah pelanggan di kawasan ini pada 2022. Khusus Indonesia, diprediksi teknologi 5G mulai diadaptasi pada 2020 atau 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper