Tak Cuma Kera, Ternyata Domba Pun Bisa Kenali Wajah Manusia

Renat Sofie Andriani
Rabu, 8 November 2017 | 17:09 WIB
Ilustrasi: Domba Dolly dan Sir Ian Wilmut/Reuters
Ilustrasi: Domba Dolly dan Sir Ian Wilmut/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa domba memiliki kemampuan untuk mengenali wajah seseorang, seperti halnya primata.

Dalam hal ini, peneliti Cambridge University menggunakan foto beberapa tokoh terkenal dunia.

Para peneliti pun berhasil melatih domba untuk mengidentifikasi wajah aktor Jake Gyllenhaal, aktris Emma Watson, mantan Presiden AS Barack Obama, dan pembaca berita BBC Fiona Bruce.

Setelah dilatih, domba tersebut dapat memilih dengan tepat wajah familiar yang sudah dikenali. Penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa domba dapat mengidentifikasi domba lainnya maupun pawang mereka sendiri.

“Apa yang kami lakukan adalah bertanya apakah seekor domba bisa belajar mengenali seseorang dari sebuah foto,” jelas salah seorang peneliti, Prof. Jenny Morton, seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (8/11/2017).

“Kami fokus pada apakah seekor hewan mampu mengolah objek dua dimensi sebagai pribadi atau tidak,” lanjutnya.

Delapan ekor domba Welsh Mountain telah dilatih untuk mengenali empat wajah tokoh di atas dari sekumpulan foto yang tidak familiar. Jika berhasil memilih wajah yang dimaksud, domba-domba tersebut mendapatkan makanan sebagai hadiah.

Dalam prosesnya, mereka diperlihatkan foto yang berbeda pada dua layar komputer. Domba-domba itu kemudian menetapkan pilihan melalui sinar inframerah yang ditekan dengan hidung mereka.

Setelah melihat kemampuan hewan tersebut untuk mengenali keempat foto, para peneliti pun melakukan percobaan lain untuk melihat apakah domba dapat mengidentifikasi dengan benar foto tokoh yang sama dari angle yang berbeda. Sekali lagi, hewan tersebut berhasil mengindentifikasinya.

Percobaan terakhir, para peneliti ingin tahu apakah domba bisa mengenali pawang mereka sendiri dari foto yang diposisikan secara acak pada layar di antara foto wajah-wajah asing. Tugas ini pun berhasil dilalui hewan itu dengan tidak mengecewakan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa domba memiliki kemampuan untuk mengenali wajah seseorang, seperti halnya monyet, kera, dan manusia.

“Mungkin menarik jika di masa mendatang menyelidiki apakah domba dapat mengidentifikasi ekspresi yang berbeda pada wajah manusia. Penelitian itu bahkan mungkin memberi implikasi untuk pembelajaran tentang penyakit neurodegeneratif, seperti Huntington dan Parkinson,” jelas para peneliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper