Yuk, Coba Integrasi Spotify dengan IFTTT, Shazam, dan Telegram

Gombang Nan Cengka
Senin, 23 Oktober 2017 | 11:54 WIB
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --Layanan streaming musik Spotify buat banyak orang mungkin sudah sangat memuaskan. Namun, tahukah Anda bahwa aplikasi tersebut juga bisa terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan lain? Integrasi dengan layanan pihak ketiga ini bisa menambah fitur yang Anda nikmati dengan Spotify

 

Integrasi lewat IFTTT

Seperti banyak layanan Internet lainnya, Anda bisa menggunakan layanan IFTTT (If This Then That) untuk menghubungkan Spotify dengan layanan lain seperti email, Google Drive, ataupun YouTube. Berikut deskripsi resep yang tersedia untuk Spotify.

Salah satu resep yang menarik adalah mengarsipkan daftar Discover Weekly. Daftar ini adalah daftar lagu yang diciptakan otomatis oleh Spotify berdasarkan lagu-lagu yang Anda putar dan kesukaan Anda. Sesuai namanya, Discover Weekly diganti setiap pekan. Dengan resep ini Anda tidak akan kehilangan daftar lagu tersebut.

Anda juga bisa menyimpan daftar lagu atau favorit Anda di layanan lain. Dengan modifikasi, daftar lagu juga bisa disimpan di dalam dokumen di Google Drive.

Yuk, Coba Integrasi Spotify dengan IFTTT, Shazam, dan Telegram

Spotify menyediakan fitur berbagi lagu di media sosial seperti Twitter dan Facebook, tetapi integrasi IFTTT memberikan fitur lebih. Bila Anda memfavoritkan lagu di Spotify, Anda bisa mengatur agar lagu tersebut juga otomatis dibagikan ke media sosial yang Anda inginkan.

Berbagai resep lainnya untuk Spotify dapat ditengok di https://ifttt.com/spotify.

 

Shazam

Pernahkah Anda mendengarkan sebuah lagu di televisi atau YouTube, kemudian ingin menyimpannya di daftar lagu di Spotify? Dengan bantuan Shazam, ini bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan integrasi Spotify di aplikasi tersebut. 

Shazam adalah aplikasi yang pada dasarnya berfungsi mengenali lagu dengan mendengarkannya. Aplikasi ini bermanfaat bila Anda ingin mengetahui informasi tentang lagu yang sedang dimainkan dengan cepat: Anda cukup membuka Shazam dan memerintahkan aplikasi ini untuk mendengarkan petikan lagu tersebut.

Yuk, Coba Integrasi Spotify dengan IFTTT, Shazam, dan Telegram

Setelah integrasi Spotify diaktifkan di Shazam, Anda akan mendapatkan pilihan baru ketika menggunakan Shazam. Lagu yang dikenali tidak hanya disimpan di Shazam, tetapi juga bisa disimpan di dalam daftar lagu di Spotify. Anda juga bisa memutar versi lagu yang terdapat di layanan streaming musik tersebut.

 

Telegram 

Aplikasi chat seperti Facebook Messenger dan Telegram juga bisa diintegrasikan dengan Spotify. Khusus untuk Telegram ada dua cara yang bisa digunakan: lewat IFTTT atau lewat Spotifybot.

Untuk menggunakan IFTTT tentunya Anda sudah harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar bisa digunakan dengan Telegram. Anda misalnya bisa menyimpan informasi tentang suatu lagu ke chat Telegram, yang kemudian bisa diteruskan ke grup atau orang lain.

Bot Spotify di Telegram bisa digunakan untuk mencari lagu di Spotify dari dalam Telegram. Bila ada, bot tersebut akan memberikan cuplikan lagu singkat serta tautan (link) yang bisa dibuka di aplikasi Spotify.

Yuk, Coba Integrasi Spotify dengan IFTTT, Shazam, dan Telegram

 

Waze

Integrasi yang cukup menarik adalah integrasi dengan aplikasi navigasi Waze. Bila Anda mengaktifkannya, Anda bisa mengakses beberapa fitur Waze dari Spotify, dan sebaliknya. Dengan cara ini Anda bisa menggunakan Waze tanpa harus berganti ke Spotify, dan sebaliknya. Ini berguna bila Anda tetap ingin memutar lagu ketika melakukan navigasi saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper