Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Kemajuan Sektor Enterprise di Era Ekonomi Digital, Telkomtelstra Gelar Digital Transformation Workshop

Berdasarkan hasil survei International Data Corporation (IDC), beragam tantangan dihadapi banyak perusahaan dalam pengembangan model bisnis baru dan penerapan strategi digital di dalam organisasi mereka. 3 (tiga) tantangan yang kerap ditemui adalah:
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 17 Oktober 2017  |  15:48 WIB

Berdasarkan hasil survei International Data Corporation (IDC), beragam tantangan dihadapi banyak perusahaan dalam pengembangan model bisnis baru dan penerapan strategi digital di dalam organisasi mereka. 3 (tiga) tantangan yang kerap ditemui adalah: 

1. Kesulitan menyelaraskan sumber daya, terutama manusia, dengan inisiatif strategis perusahaan; 

2. Kesulitan dalam menetapkan sasaran bisnis yang ingin dituju; 

3. Kesulitan mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan internal untuk melakukan berbagai investasi strategis.

Melihat kebutuhan akan percepatan adopsi untuk transformasi digital semakin mendesak, telkomtelstra menggandeng IDC untuk menggelar rangkaian workshop terkait Digital Transformation  (DiTa) di bulan April hingga September 2017. Workshop ini juga bertujuan untuk mendukung perusahaan-perusahaan dalam meraih kesuksesan di era ekonomi digital sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Workshop ini dihadiri  oleh banyak eksekutif senior perusahaan dari berbagai lini industri,  dimana pembahasan mengenai; struktur dan pendekatan baru dalam manajemen organisasi, sasaran dari investasi digital, penetapan indikator kinerja utama (KPI), peran CIO di era digital dan kompetensi digital yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan transformasi menjadi fokus yang dikaji dalam kegiatan ini.

"Ketika revolusi bisnis digital kian marak, transformasi digital menjadi sangat penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan," kata Agus F Abdillah, Chief Product and Synergy Officer telkomtelstra. "Transformasi digital membutuhkan pemikiran dan fasilitator baru untuk membantu perusahaan dalam mengatasi berbagai tantangan. Rangkaian workshop ini memberikan platform unik untuk berbagi wawasan dan arahan dalam beradaptasi di dunia digital yang baru ini. "

Rangkaian workshop ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan dengan visi yang jelas akan transformasi digital menjadi kunci utama untuk keberlangsungan bisnis di era ekonomi digital. Kunci keberhasilan lainnya adalah; menyatukan dimensi fisik dan digital secara efektif dalam membangun pengalaman konsumen, memberdayakan akses informasi untuk keunggulan bisnis yang kompetitif, menciptakan sumber pendapatan baru dari platform digital perusahaan dan meningkatan fungsi teknologi dalam mendapatkan sumber daya manusia terbaik.

"Perubahan tatanan persaingan di era digital telah mengubah struktur bisnis di semua sektor dimana perusahaan dituntut untuk melakukan transformasi digital guna meningkatkan pengalaman pelanggan, mendorong efisiensi operasional, serta mengoptimalkan tenaga kerja," ungkap Sudev Bangah, Managing Director ASEAN Region of IDC. "Workshop ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menghadapi tantangan transformasi yang terjadi di dunia digital saat ini dan mengidentifikasi peluang bisnis bagi perusahaan yang inovatif dan kompeten dalam bidang digital."

Para peserta mengikuti sesi interaktif di 5 (lima) workshop yang memberikan mereka wawasan dan strategi berharga terkait penerapan transformasi digital yang diharapkan bisa mendorong inovasi serta kemajuan bisnis digital di masa depan:

  • Workshop #1: Organising for Digital Transformation.Menilai struktur organisasi yang sesuai dengan kematangan, karakteristik, kebutuhan dan tujuan bisnis terhadap ruang lingkup bisnis, kecepatan, dan skala inisiatif digital.
     
  • Workshop #2: Executive Mandate for Investment. Memahami interaksi antara sistem dan pengguna (use cases) yang terkait dengan pelanggan dan bisnis yang dijalani untuk mendukung eksekutif dalam mengidentifikasi dan menggali celah peluang bisnis yang ada.
     
  • Workshop #3: New KPIs for Companies across Five Dimensions of Digital Transformation.  Menentukan KPI baru untuk memandu perusahaan dan unit bisnis dalam mencapai perubahan yang dituju.
     
  • Workshop #4: Executing the CIOs Role in Digital Transformation. Melaksanakan peran kepemimpinan dalam transformasi digital dengan mendorong budaya inovatif, mengintegrasikan sistem, dan menggabungkan teknologi.
     
  • Workshop #5: Addressing Critical Issues in Digital Transformation. Penerapan kompetensi digital dan memungkinkan perbaikan bisnis, sistem operasional, serta inovasi yang berkesinambungan untuk menciptakan pendekatan baru yang memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Untuk mengukur tingkat kemajuan implementasi transformasi digital di dalam bisnis perusahaan, telkomtelstra menawarkan layanan penilaian terhadap kesiapan keamanan informasi dan teknologi dan implementasi digital bagi semua peserta tanpa dikenakan biaya. Dengan selesainya program ini, perusahaan yang berpartisipasi memiliki kesempatan untuk dinominasikan dalam DX (Digital Transformation) Award, yang akan diumumkan pada akhir Oktober 2017. Telkomtelstra berniat untuk terus memberikan dukungan dan inisiatif bagi perusahaan yang membutuhkan wawasan dan pengetahuan terkait implementasi transformasi digital terbaik melalui perhelatan program edukasi serupa di tahun – tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomtelstra
Editor : MediaDigital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top