XL Axiata Lepas Seluruh Saham Elevania

Lavinda
Kamis, 24 Agustus 2017 | 16:32 WIB
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk., akhirnya  melepas seluruh kepemilikan saham di PT XL Planet, pengelola platform perdagangan elektronik (e-commerce) Elevania kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari.                      

Di sisi lain, pemegang saham Elevania lain yang sekaligus mitra patungan XL asal Korea Selatan, SK Planet Global Holdings Pte. Ltd  juga melepas seluruh sahamnya kepasa Superb Premium Pte. Ltd.

Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan, keputusan melepas kepemilikan elevenia menjadi pilihan strategis, agar XL Axiata semakin fokus pada kekuatan utama sebagai penyedia layanan seluler, yakni mengembangkan bisnis layanan data.

Dia menilai hengkangnya XL Axiata sebagai pemilik modal Elevania akan mengurangi dampak kerugian yang timbul dari platform itu, dan memungkinkan XL mengalokasikan modal untuk menghasilkan keuntungan bagi para pemegang sahamnya serta memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggannya.

“Keputusan ini kami ambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Kami fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data, sedangkan ,dukungan terhadap e-Commerce tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data," ujar Dian, Kamis(24/8/2017).

Sektor e-commerce telah tumbuh sangat pesat dengan terlalu banyak pemain, kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar. Pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa dinilai menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas.

XL Axiata memiliki 50% saham kepemilikan di elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Kesepakatan CSPA ini berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi ini diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait.

XL Axiata Lepas Seluruh Saham Elevania

Rampingkan Operasi

Berdasarkan pemberitaan dari media nasional Korea Selatan pulsenews.co.kr, Penyedia platform e-commerce 11st.com asal Korea Selatan, SK Planet Co, diketahui mulai merampingkan operasi luar negeri, kali ini di Indonesia. Sebuah pembicaraan dilakukan antara pihak SK Planet dan raksasa ritel Korea Lotte Group membahas kemitraan e-commerce, khususnya memperluas bisnis belanja online.

SK Planet memutuskan untuk menarik diri dari Indonesia dengan menjual 50% kepemilikan saham di situs online hasil joint venture dengan operator seluler PT XL Axiata kepada grup ritel nasional.

Elevania didirikan oleh operator seluler XL Axiata pada 2014 dalam usaha patungan dengan SK Planet, anak usaha perusahaan nirkabel Korea Selatan SK Telecom. Kedua pihak masing-masing menginvestasikan dana sekitar US$45 juta untuk menciptakan perusahaan gabungan bernama XL Planet.

Kinerja transaksi perdagangan di Elevania cukup besar dan mampu menghasilkan cuan bagi para pedagang. Namun seperti kebanyakan pasar onlinelain, Elevania tak menghasilkan  uang bagi dirinya sendiri.

SK Planet memutuskan menutup operasi 'membakar' uang untuk berfokus menopang bisnis domestiknya. Setelah Indonesia, tujuan selanjutnya ialah Malaysia, Thailand, dan Turki.

Sebelumnya, XL Axiata mengaku mempertimbangkan berbagai opsi memperoleh tambahan modal untuk perusahan e-commerce miliknya, Elevania.

Salah satu opsi yang paling kuat terpilih ialah pelepasan sebagian saham miliknya di Elevania kepada investor strategis. Dia mengaku sudah ada beberapa investor strategis yang menyampaikan minatnya, baik perusahaan lokal, maupun asing.

“Sekarang masih fund raising, sedang kami analisa, dua bulan lagi keputusan opsi yang dipilih,” ungkap Dian beberapa waktu lalu.

Tak hanya Elevania, operator juga akan mengevaluasi kinerja layanan digital aplikasi games Gudang Aplikasi yang dianggap sulit bertarung degan aplikasi games lain yang lebih besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper