Pengukuran dan Kalibrasi Alat Produksi Kunci Lindungi Konsumen

Kurniawan A. Wicaksono
Kamis, 10 Agustus 2017 | 08:36 WIB
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/wikipedia.org
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/wikipedia.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengukuran dan kalibrasi alat produksi yang berakhir pada kualitas produk menjadi dasar peningkatan perlindungan konsumen.

Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mego Pinandito mengatakan perlindungan konsumen merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar. Apalagi, ada kecenderungan konsumen Indonesia tidak mengajukan pengaduan saat merasa dirugikan.

“Upaya perlindungan konsumen menuntut proses pengujian dan kalibrasi dengan berbagai besaran dan metode agar memberikan hasil yang benar dan terjamin,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi LIPI, Kamis (10/8/2017).

Menurutnya, proses pengukuran dan kalibrasi harus dimulai sejak proses rancang bangun produk sampai proses distribusi ke konsumen. Alat produksi yang dikalibrasi secara benar, sambungnya, akan menjaga ketepatan ukuran, mengurangi produk gagal, meningkatkan efisiensi produksi yang pada akhirnya meningkatkan margin keuntungan.

Jimmi Pusaka, Profesor riset Pusat Penelitian Metrologi LIPI mengatakan produk berkualitas menjadi kunci. Hal tersebut ada ketika material sesuai spesifikasi. Pengukuran harus memperhatikan aspek pemilihan alat, prosedur, kondisi lingkungan, sampai keterampilan operator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper