Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Kini Tahun Keberangkatan Haji & Pondokannya Bisa Dilihat Dari Smartphone

Kementerian Agama meluncurkan Aplikasi Haji Pintar versi terbaru generasi ketiga yang sekarang bisa diunduh di google play store, khususnya oleh para jamaah calon haji.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 22 Juli 2017  |  00:44 WIB
Kementerian Agama meluncurkan Aplikasi Haji Pintar versi terbaru generasi ketiga yang sekarang bisa diunduh di google play store, khusunya oleh para jamaah calon haji - Bisnis
Kementerian Agama meluncurkan Aplikasi Haji Pintar versi terbaru generasi ketiga yang sekarang bisa diunduh di google play store, khusunya oleh para jamaah calon haji - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama meluncurkan Aplikasi Haji Pintar versi terbaru generasi ketiga yang sekarang bisa diunduh di google play store, khususnya oleh para jamaah calon haji.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah  Kemenag, Sri Ilham Lubis, mengatakan Aplikasi Haji Pintar generasi terbaru itu sudah dilakukan upgrade dengan menambah beberapa fitur baru.  

“Beberapa fitur itu seperti Alquran, jadwal salat, informasi ziarah baik di Makah maupun Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu up date tiap harinya, dan itinerary atau rencana perjalanan ibadah haji,” katanya, Jumat (21/7/2017).

Menurutnya, pengembangan aplikasi tersebut menjadi bagian dari upaya Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dalam meningkatkan pelayanan kepada para jemaah calon haji.

Dengan demikian, lanjutnya, pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar itu diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji.

“Bagi jamaah haji yang ingin mendapatkan aplikasi ini, langsung saja mengunduh di google play store dengan kata kunci Haji Pintar 2017,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, Aplikasi Haji Pintar juga memuat beberapa informasi seperti cek informasi tahun keberangkatan jamaah haji, serta lokasi pemondokan di Makah dan Madinah.

Selanjutnya informasi tentang konsumsi, cuaca, rute bus shalawat, kesehatan dan beberapa nformasi penting lainnya. Demikian juga informasi tentang jadwal keberangkatan kloter, doa-doa, serta informasi layanan pengaduan dan whatsapp.

Sri Ilham mengungkapkan aplikasi yang dibangun pada 2015 itu akan terus dilakukan pengembangan, dan sampai saat ini beberapa datanya masih dalam proses update.

Beberapa data yang dimaksud, antara lain tentang data perumahan, transportasi, katering, dan jadwal penerbangan. Diharapakan dalam waktu dekat ini sudah rampung semua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kementrian agama
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top