Fenox Venture dan Badan Ekonomi Kreatif Luncurkan Piala Dunia Startup

Lavinda
Senin, 12 Juni 2017 | 18:49 WIB
Bekraf logo/bekraf.go.id
Bekraf logo/bekraf.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Fenox Venture Capital dan Badan Ekonomi Kreatif bekerja sama meluncurkan kompetisi usaha rintisan berskala global Startup World Cup 2018.

Startup World Cup merupakan serangkaian konferensi dan kompetisi untuk menjembatani ekosistem startup di seluruh dunia, sekaligus mendorong pelaku usaha memenangkan Startup World Cup.

Terdapat 30 acara regional di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia yang berakhir dengan acara Grand Finale di Silicon Valley. Ini merupakan konsep acara yang pertama diselenggarakan Fenox Venture Capital, perusahaan modal ventura global yang berbasis di Silicon Valley.

Direktur Eksekutif 2018 Startup World Cup Chris Abshire menyampaikan kompetisi itu akan melipatgandakan ukuran jangkauan dan jumlah pelaku usaha dari Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika sambil membantu mendorong inovasi dan kewirausahaan.

"Dibanding tahun lalu, tahun ini akan ada 30 daerah yang berpartisipasi, dua kali lipat dari tahun lalu," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Pihaknya berharap Startup World Cup bisa menjangkau para pelaku usaha di semua wilayah utama di dunia. Dia meyakini ekosistem kewirausahaan di Indonesia akan berkembang dengan adanya dukungan, kesempatan, dan arahan yang ditawarkan dalam gelaran ini.

Intinya, Fenox dan Bekraf bekerja sama memajukan startup Indonesia melalui platform global untuk memberi kesempatan berkembang dari Silicon Valley ke Jakarta.

"Melalui kompetisi ini, kami akan memilih startup terbaik yang bisa mewakili Silicon Valley, terutama di Indonesia," tuturnya.

Retno Dewati, SEA Regional Manager Fenox Venture Capital menuturkan, pihaknya melihat Indonesia lebih siap dan terbuka terhadap industri startup.

Sejak investasi pertamanya pada 2014, Fenox telah menginvestasikan lebih dari 25 perusahaan di seluruh Asia Tenggara, sebanyak 70% dari perusahaan rintisan tersebut berasal dari Indonesia.

Pihaknya melakukan 12 investasi dari dua gelombang akselerator dan kini membuka gelombang ketiga untuk menemukan 6 hingga 10 perusahaan lain untuk diinvestasikan dan mendapat pelatihan intensif oleh Fenox.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyampaikan jumlah pelaku startup di Indonesia terus meningkat seiring pertumbuhan penetrasi digital dan internet. Kompetisi itu merupakan peluang bagi industri kreatif untuk berkembang.

Gelaran roadshow program ini akan diadakan di delapan kota mulai 16 Juli sampai 12 Agustus 2018 di Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Bali, Makassar, dan Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper