Inilah Fitur Inovatif Google Ramadan, Dari Ngabuburit Hingga Mudik

Agne Yasa
Selasa, 30 Mei 2017 | 15:35 WIB
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google mengenalkan fitur inovatif yang dapat digunakan melalui ponsel pintar, untuk menemani aktivitas selama Ramadan.

Berikut ini fitur-fitur yang dapat dinikmati dari Google Ramadan.

Fitur Ramadan di Google Search dapat menemani kegiatan puasa, seperti Resep Ramadan yang telah terintegrasi untuk mendapatkan inspirasi memasak lewat kategori makanan yang ditampilkan, mulai dari sup, ayam, hingga manisan untuk sajian berbuka setiap harinya.

Pencarian untuk “kata-kata ucapan Ramadan” di Google juga menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, untuk mengetahui kapan matahari terbenam di Google App juga cukup dengan mengatakan “OK Google, kapan matahari tenggelam?”

Menjelang waktu berbuka puasa kemacetan menjadi tantangan dan waktu berbuka

Google menghadirkan fitur untuk memesan restoran terdekat dari lokasi hanya dengan fitur Cari meja (Find a table) di Google Maps, yang bekerja sama dengan Qraved dan Chope.

Google telah mempersiapkan konten khusus Ramadan YouTube Shelf sebagai teman ngabuburit, seperti lagu, resep masak hingga konten Ramadan yang khusus dibuat oleh para YouTube creators.

Untuk pecinta gaming, Google juga menyiapkan promosi khusus #SalipLevel untuk bermain game favorit Anda dan berbagi kegembiraan dengan teman Anda melalui Kartu Hadiah Google Play.

Untuk momen mudik, selain membantu mencari restoran dan SPBU terdekat, Google Maps kini dapat membantu pencarian mesjid untuk beribadah ketika sedang berada dalam perjalanan.

Cukup ketik atau ketika sedang berkendara dapat menggunakan perintah suara dengan mengetuk ikon Mic dan katakan “mesjid dekat sini” maka Google Maps akan menunujukkan beberapa rekomendasi mesjid terdekat di sekitar dengan navigasinya.

Selain itu, selama perjalanan mudik, ada YouTube Offline yang dapat menemani dengan konten Ramadan kapan pun diinginkan tanpa koneksi Internet sekali pun.

Hari Raya Idul Fitri yang menjadi momen puncak untuk berkumpul dan bersilahturahmi saat Ramadan. Google mempersiapkan fitur terbarunya sebagai teman hari raya di Maps yaitu Bagikan lokasi, sehingga bisa memberitahukan dan mendapatkan posisi kerabat secara real-time ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat berkumpul.

Selain itu, mengambil momen kebersamaan dengan berfoto bersama saat berkumpul dengan keluarga merupakan hal yang paling ditunggu dan tidak pernah terlewatkan.

Untuk memudahkan berbagi momen Idul Fitri dengan sanak keluarga, dengan fitur Album sharing di Google Photos setiap anggota keluarga dapat lebih mudah mengakses foto ataupun menambahkan foto yang tersimpan di ponsel pintar secara mudah dari mana pun dan kapan pun hanya dengan sentuhan jari.

Google Maps juga dilengkapi fitur Transit untuk Commuter Line (KRL).

Pengguna dapat memantau kapan kereta tiba secara real-time beserta lama perjalanan dan juga informasi biaya perjalanan.

"Ada perubahan kebutuhan orang Indonesia ketika Ramadan, dari keyword yang dicari, mencari informasi untuk jadi lebih baik, pencarian resep, diskon, yang lebih tinggi. Google memastikan untuk bisa hadir dan menjadi teman Ramadan, harapannya mempermudah," ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper