Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelanggan XL Axiata di Sumatra Melesat

Investasi besar-besaran yang dilakukan PT XL Axiata membuahkan hasil. Dibandingkan dengan Mei tahun lalu, terjadi peningkatan pengguna XL di Sumatra dari 5 juta menjadi 13 juta pelanggan.
Syafri Ario
Syafri Ario - Bisnis.com 20 Mei 2017  |  12:13 WIB
XL Axiata - xl.co.id
XL Axiata - xl.co.id

Bisnis.com, PANGKALPINANG — Investasi besar-besaran yang dilakukan PT XL Axiata membuahkan hasil. Dibandingkan dengan Mei tahun lalu, terjadi peningkatan pengguna XL di Sumatra dari 5 juta menjadi 13 juta pelanggan.

Vice President PT XL Axiata Area Sumatra Franky Rinaldo mengatakan peningkatan jumlah pelanggan XL Axiata tersebut berbanding lurus dengan upaya perseroan meningkatkan layanan di luar Jawa terutama di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Kami memang sedang berupaya meningkatkan jumlah pelanggan di luar Jawa karna Pulau Jawa XL Axiata sudah memilik jumlah pelanggan yang cukup banyak, tinggal penambahan pelanggan voice di luar jawa," kata Franky, Sabtu (20/5/2017).

Namun secara penggunaan data di Sumatra dan daerah lain, dia mengatakan XL sudah lebih banyak dari operator lain, hanya saja XL sedikit tertinggal dalam penggunaan voice. "Kalau bicara data lebih banyak kami, karena saudara kami lebih banyak ke voice," ujarnya.

Untuk merebut pasar tersebut, XL melakukan penambahan perbaikan jaringan dan memberikan layanan dengan tarif sangat murah Rp1 ke semua operator untuk wilayah luar Jawa.

Total nilai investasi yang dikucurkan XL Axiata untuk satu site menghabiskan US$50.000. "Kami menghabiskan Rp100 miliar di Lampung untuk 100 site, total nilai investasi di Sumatra mencapai triliunan dengan 3.000 site yang dibangun dan pelebaran jangkauan," paparnya.

Saat ini market terbesar untuk wilayah Sumatra adalah Medan. Adapun potensi terbesar ada di Palembang dan Lampung. "Total market share untuk Sumatra, XL yang sebelumnya single digit sekarang sudah double digit, sebesar 13%—14%. Pertumbuhan ini cukup bagus dari single ke double digit."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata babel
Editor : Surya Mahendra Saputra
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top