Pelanggan XL Axiata di Sumatra Melesat

Syafri Ario
Sabtu, 20 Mei 2017 | 12:13 WIB
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id
Bagikan

Bisnis.com, PANGKALPINANG — Investasi besar-besaran yang dilakukan PT XL Axiata membuahkan hasil. Dibandingkan dengan Mei tahun lalu, terjadi peningkatan pengguna XL di Sumatra dari 5 juta menjadi 13 juta pelanggan.

Vice President PT XL Axiata Area Sumatra Franky Rinaldo mengatakan peningkatan jumlah pelanggan XL Axiata tersebut berbanding lurus dengan upaya perseroan meningkatkan layanan di luar Jawa terutama di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Kami memang sedang berupaya meningkatkan jumlah pelanggan di luar Jawa karna Pulau Jawa XL Axiata sudah memilik jumlah pelanggan yang cukup banyak, tinggal penambahan pelanggan voice di luar jawa," kata Franky, Sabtu (20/5/2017).

Namun secara penggunaan data di Sumatra dan daerah lain, dia mengatakan XL sudah lebih banyak dari operator lain, hanya saja XL sedikit tertinggal dalam penggunaan voice. "Kalau bicara data lebih banyak kami, karena saudara kami lebih banyak ke voice," ujarnya.

Untuk merebut pasar tersebut, XL melakukan penambahan perbaikan jaringan dan memberikan layanan dengan tarif sangat murah Rp1 ke semua operator untuk wilayah luar Jawa.

Total nilai investasi yang dikucurkan XL Axiata untuk satu site menghabiskan US$50.000. "Kami menghabiskan Rp100 miliar di Lampung untuk 100 site, total nilai investasi di Sumatra mencapai triliunan dengan 3.000 site yang dibangun dan pelebaran jangkauan," paparnya.

Saat ini market terbesar untuk wilayah Sumatra adalah Medan. Adapun potensi terbesar ada di Palembang dan Lampung. "Total market share untuk Sumatra, XL yang sebelumnya single digit sekarang sudah double digit, sebesar 13%—14%. Pertumbuhan ini cukup bagus dari single ke double digit."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syafri Ario
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper