Pola Konsumsi Digital di Indonesia Sepanjang 2016

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 Januari 2017 | 11:55 WIB
Ilustrasi/Reuters-Edgar Su
Ilustrasi/Reuters-Edgar Su
Bagikan

4Waktu Pemakaian

4. Internet sebagai media terpenting kedua dan perkembangannya dalam penyebaran konten, serta dorongan yang diberikan oleh pengguna jaringan sosial dan penggunaan telepon genggam

Internet telah menjadi media kedua yang paling sering digunakan (42,5% dari total populasi) dan waktu yang digunakan (rata-rata 354,2 menit per minggu) diikuti dengan TV (99,8% dari total populasi, rata-rata 1.782,5 menit setiap minggu) di Indonesia , dan meningkatnya aksesibilitas serta penyebaran pengguna seluler, turut membantu mempromosikan pentingnya peran Internet dalam lanskap media di Indonesia .
    
Lebih dari 50% pengguna internet menggunakan media sosial sebagai sumber berita utama mereka di Indonesia, Facebook memiliki lebih banyak pengguna yang mengakses dari telepon genggam pada semua kelompok usia dan aktivitas utama di Facebook adalah melihat berita atau informasi, terhitung 52,9% dari total pengguna Facebook. Facebook adalah media sosial nomor 1 untuk berbagi konten di Indonesia . Kepercayaan pada media sosial terhadap perkembangan berita dan informasi telah menjadi revolusi penyebaran konten dan mendorong lebih banyak pembuat konten untuk membagikan karya mereka di media sosial, yang juga membantu pembuat konten independen untuk dapat dikenal.
    
Pengguna seluler diperkirakan mencapai 173,3 juta di 2017, dihitung 66,5% dari total populasi. 43,2% (74,9 juta) dari pengguna seluler diperkiraan akan menjadi pengguna smartphone pada saat itu. Sementara itu, pengguna internet mobile di Indonesia diprediksikan mencapai 90,6 juta pada tahun 2017, yaitu 34,8% dari total populasi, kurang dari 11,7% pengguna internet mobile di Tiongkok. Perkiraan pertumbuhan pengguna telepon genggam akan meningkatkan permintaan konten daring dan pertumbuhan kontributor konten, yang mungkin berasal dari We-Media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper