Youtube Klaim Durasi Unggahan Video Naik 170%

Lavinda
Selasa, 24 Januari 2017 | 20:30 WIB
Youtube/marketingland
Youtube/marketingland
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Youtube, platform penyedia konten video, mengklaim telah mengalami perkembangan kinerja, terbukti dari kenaikan jumlah unggahan dan durasi menonton oleh pengguna internet yang melonjak hingga lebih dari 100%.

Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications Google Indonesia menyebutkan, jumlah jam dari konten yang diunggah sampai kuartal II/2016 meningkat hingga 170% dibandingkan kuartal kedua tahun sebelumnya.

“Pengguna juga menonton lebih lama, durasi menonton diperangkat seluler naik 130% pada kuartal kedua 2016 dibanding periode yang sama,”sebutnya, Selasa(24/1/2017).

Sayangnya, platform video dari Google itu tak dapat memaparkan data terbaru perkembangan pengguna konten hingga akhir 2016. OTT terbesar dunia itu juga enggan mengungkapkan kinerja keuangan, termasuk kenaikan pendapatan iklan sepanjang tahun lalu.

Dari sisi konten, kenaikan jumlah pengunggah diperkirakan karena konten video lokal terus bermunculan dan menjamur sehingga berlanjut menarik minat orang lain untuk berkreativitas dan mengunggah hal serupa. Hal itu berbeda dari awal kemunculan Youtube yang masih mengacu pada konten global.

“Kualitas yang baik memacu oran berbuat lebih lagi, semua tertarik membuat konten sendiri. Video sudah dilihat oleh para kreatif sebagai platform untuk explore kreativitas dan menguntungkan pula,”paparnya.

Pada akhirnya, durasi menonton juga meningkat signifikan karena pengguna menyukai tersedianya banyak konten lokal berbahasa Indonesia tersebut.

Dari sisi perilaku pengguna, situs kini lebih banyak ditonton melalui ponsel pintar dibandingkan PC. Mobilitas yang tinggi menyebabkan pengguna lebih nyaman menonton video di sela kesibukan atau perjalanan.

“Jadi kami upayakan konten harus menarik perhatian dengan cepat, website harus enak dilihat dan navigasi mudah,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper