MediaTek Luncurkan Prosesor Baru untuk Ponsel Menengah Atas

Gombang Nan Cengka
Senin, 26 September 2016 | 19:48 WIB
Helio P20 dan P25/Weibo
Helio P20 dan P25/Weibo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--MediaTek telah resmi meluncurkan dua model chipset ponsel kelas menangah, Helio P20 dan Helio P25.

Seperti diberitakan Pocketnow, yang mengutip situs  web China Weibo.com, kedua model chip ini diluncurkan bersama-sama satu model chip kelas atas, Helio X30.

Helio P20 merupakan chip berinti delapan (octacore) yang menggunakan proses manufaktur 16 nanometer. Chip ini mendukung RAM LPDDR4x, dan disebutkan bisa mendukung kapasitas RAM ponsel sampai 6 gigabyte. Helio P25, yang secara teknis hampir sama dengan P20, juga mendukung kamera ganda, dengan fitur optical zoom. Fitur kamera ganda ini mulai banyak ditemukan pada berbagai model ponsel pintar mutakhir, seperti iPhone 7 Plus, Huawei P9, dan HTC One M8. 

Meskipun chip MediaTek merupakan favorit pembuat ponsel pintar yang ingin menekan harga, chip kelas atas dari perusahaan China ini mungkin akan lebih menarik perhatian calon pembeli ponsel pintar. Helio X30 akan memanfaatkan proses manufaktur 10 nanometer, dan akan memiliki total 10 inti. Chip ini akan memiliki dua inti Cortex A73 2,8 GHz, empat inti Cortex A53 2,2 GHz, dan empat inti Cortex A35 2,0 GHz. Chip Helio X30 ini akan didampingi oleh pengolah grafis PowerVR 7XTP-MT4 (850 MHz)

Ponsel yang dilengkapi dengan chip Helio X30 bisa memiliki RAM sampai 8 GB, menangkap video beresolusi 4K, dan tentunya koneksi LTE. Chip ini bisa menjadi alternatif buat pembuat ponsel, selain Snapdragon 820/821 dari Qualcomm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Sumber : PocketNow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper