Adu Unggul Kamera Infinix Zero 3 Vs Sony Xperia M5 Dual

Sholahuddin Al Ayyubi
Minggu, 13 Maret 2016 | 02:20 WIB
Sony.
Sony.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dewasa ini, tidak sedikit vendor smartphone global maupun lokal yang berlomba-lomba menampilkan smartphone teranyarnya dan membekalinya dengan kamera berkekuatan megapiksel yang cukup tinggi.

Seiring dengan berjalannya waktu, sebuah kamera smartphone kini sudah dapat menggantikan posisi kamera profesional seperti kamera berjenis DSLR. Artinya, secara perlahan namun pasti saat ini mulai bermunculan berbagai komunitas mobile photography yaitu memotret dengan menggunakan ponsel dan menghasilkan gambar yang setara dengan kamera professional.

Sejumlah vendor smartphone kini tidak takut lagi mengeluarkan produk smartphone dengan kamera mencapai puluhan megapixel dengan harga yang relatif terjangkau untuk memenuhi hasrat pecinta fotografi dengan budget yang minim.

Seperti vendor asal Hong Kong Infinix misalnya, yang berani mengeluarkan smartphone Infinix Zero 3 dengan mengusung kamera berkekuatan 20,7 megapixel dan dibanderol cukup terjangkau yaitu Rp2.599.000.

Infinix mengakui Zero 3 merupakan salah satu dari jajaran produk flagship yang akan dikeluarkannya sepanjang 2016 dan menawarkan konsep fotografi laiknya seorang fotografer professional.

Infinix Zero 3 tipe X552 memiliki keunggulan pada sisi kamera berkekuatan 20,7 megapixel yang dilengkapi dengan sensor Sony Exmor RS IMX230 yang dikombinasi dengan sensor CMOS Sony IMX230 dan 6P lensa largan.

Sensor Sony Exmor RS IMX230 juga memiliki keunggulan tersendiri seperti teknologi pada sistem autofocus phase detection di 192 titik fokus, sehingga dapat menghasilkan gambar tajam pada objek yang bergerak dengan cepat dengan resolusi tinggi yaitu 5616x3744.

Selain itu, Infinix Zero 3 itu juga memiliki kemampuan untuk memproduksi video berkualitas tinggi hingga resolusi 4K (4096 x 2160), sehingga gambar yang didapatkan tajam dan jernih, ditambah fitur fast dan slow motion juga tersedia untuk membuat kreasi video makin menarik.

Infinix Zero 3 juga dilengkapi dengan kamera selfie berukuran 5 megapixel dengan dukungan flash, sehingga dapat mengambil gambar dalam kondisi yang sangat minim cahaya dan mendapatkan gambar selfie yang lebih optimal.

Kemudian, processor Mediatek Helio X10 generasi terbaru juga sudah dibenamkan pada smartphone Infinix Zero 3 ditambah dengan dukungan RAM sebesar 3 GB yang dapat membuat penggunanya lebih leluasa dalam menjalankan berbagai program aplikasi dan game tanpa harus timbul leg.

Layar berukuran 5.5 inch Full HD dengan Corning Gorilla Glass 3 dan kerapatan 400 ppi juga diyakini akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk menikmati game dan konten multimedia penggunanya.

Proteksi Corning Gorilla Glass 3 diklaim memberikan perlindungan ekstra dari goresan. Pada saat melakukan ujicoba, skor Antutu Benchmark Infinix Zero 3 ada di atas 50.000 dari 58.416. Artinya smartphone ini meraih skor tertinggi di kelasnya.

Selain itu, Infonix juga mengusung antarmuka atau user interface (UI) khas Infinix bernama XUI yang dilengkapi fitur menarik seperti kustomasi tema, font, magazine lock screen dan system manager serta penggunaan memory yang efisien.

Hadir dengan Android 5.1 Lolipop yang akan segera mendapat pembaharuan software ke Android 6 Marshmallow.

SONY XPERIA M5 DUAL

Bagaimana dengan smartphone Sony Xperia M5 Dual? Produk unggulan Sony itu tidak mau dikalahkan oleh smartphone Infinix Zero 3 tersebut. Dengan mengusung kamera belakang berkekuatan 21,2 megapixel dan kamera depan 13 megapixel, Sony optimistis Xperia M5 Dual dapat menjadi lawan yang tangguh bagi Infinix Zero 3.

Dari sisi desain, Sony Xperia M5 kini menggunakan layar berukuran 5 inci dengan kualitas layar Full HD bersolusi 1080 x 1920 pixels. Kemudian, layar smartphone ini juga sudah menggunakan panel bertipe IPS LCD dengan kepadatan pixels mencapai 441 ppi. Sony

juga telah menggunakan teknologi scratch resistant glass yang mungkin cukup aman membuatnya terhindar dari goresan benda tajam.

Kemudian untuk urusan dapur pacu, Sony telah mempercayakan prosesor Mediatek MT6795 atau sering di sebut Helio X10 dengan dipadukan sebuah prosesor Octa Core berkecepatan 2 Ghz ditambah dengan RAM sebesar 3GB yang membuat penggunanya lebih nyaman melakukan berbagai aktivitas pada smartphone Sony ini.

Sony melengkapi smartphone ini dengan operating system (OS) Android Lollipop 5.0 yang kabarnya sebentar lagi akan mendapatkan update sistem operasi Android Marshmallow.

Sony Xperia M5 Dual yang memiliki kapasitas internal memory seluas 16 GB itu juga memiliki slot microSD untuk menyimpan berbagai foto kenangan bersama kekasih atau mantan kekasih. Dengan kekuatan kamera yang hampir setara ini, konsumen dapat memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya.

Setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk dari harga. Sony telah membanderol Sony Xperia M5 Dual dengan harga Rp5.999.000 sedangkan Infinix dibanderol dengan harga Rp2.599.000. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (13/3/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper