BISNIS E-COMMERCE: Ketika Konglomerat RI Belajar dari Pemilik Alibaba.com Jack Ma

Sukirno
Selasa, 16 Februari 2016 | 06:48 WIB
Karyawan Alibaba tengah mengemas barang pesanan pelanggan. /Reuters
Karyawan Alibaba tengah mengemas barang pesanan pelanggan. /Reuters
Bagikan

1Berkat Alibaba.com, Kekayaan Jack Ma Melesat

Kekayaan Jack Ma ditaksir mencapai US$20,6 miliar setara dengan Rp273,98 triliun (kurs Rp13.300 per dolar AS). Kekayan Ma melonjak US$9,5 miliar setara Rp126,3 triliun lantaran IPO alibaba.com.

Pada Maret 2014, Jack Ma hanya menempati urutan 122 billionare di China dengan kekayaan US$10 miliar. Namun, posisi Ma melesat ke posisi puncak orang terkaya di negeri Tirai Bambu dengan kekayaan US$19,5 miliar hanya dalam waktu 7 bulan.

Lonjakan itu terjadi setelah alibaba.com, perusahaan e-commerce miliknya, menjual saham perdana di lantai bursa AS. Alibaba berhasil mengalahkan capaian rekor IPO situs e-commerce sebelumnya amazon.com yang mencapai US$152,4 miliar.

Meski begitu, amazon.com Inc. berhasil mengantarkan Jeff Bezos sebagai billionare urutan 4 dunia dengan kekayaan US$45,2 miliar. Bezos juga tercatat sebagai manusia paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-17.

Ketika Amazon pertama kali go public pada 1997, harga sahamnya hanya US$18 per lembar. Misalnya investor memborong saham US$1.000, saat IPO pada 2013, investasinya berlipat menjadi US$236.635. Bayangkan, berapa kali lipat peningkatannya?

Amazon IPO pada Mei 1997 dengan melego 8 juta saham. Hari berikutnya, saham Amazon langsung melesat ke level US$27 per lembar dan sempat meroket ke US$80 per lembar. Menggiurkan sekali gain yang dikantongi oleh pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sukirno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper