Garuda Indonesia Terapkan Sistem Cloud Office, Ini Manfaatnya

Atiqa Hanum
Kamis, 31 Desember 2015 | 13:45 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Maskapai flag carrier nasional Garuda Indonesia menerapkan teknologi informasi berbasis Cloud Office Collaboration pada sistem aplikasi pendukung pekerjaan. Hal ini guna mendukung peningkatan kinerja perusahaan di masa mendatang.

Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Iwan Joeniarto mengatakan teknologi informasi berbasis Cloud Office Collaboration tersebut saat ini mulai berkembang di dunia, termasuk di Indonesia.

Perusahaan yang telah menerapkan teknologi informasi berbasis Cloud Office Collaboration ini tentunya akan mendapatkan banyak kemudahan dan kelebihan, khususnya dari sisi efisiensi cost infrastructure. Teknologi ini diterapkannya sejak awal 2015 sehingga Garuda menjadi BUMN pertama yang menerapkan sistem ini.

“Kami telah berhasil memigrasikan lebih dari 90% akun karyawan ke Cloud Office Collaboration, yang sebelumnya kami masih menggunakan email on-premise. Sebagai BUMN pertama yang menerapkan sistem ini, kami targetkan akan selesai 100 persen pada akhir bulan februari tahun 2016 mendatang”, ungkap Iwan dalam siaran pers, Kamis (31/12/2015).

“Kami percaya, bahwa perusahaan dengan dukungan IT (information technology) yang baik dan memadai akan memiliki nilai tambah, diantaranya efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pekerjaan yang meningkat, untuk itu kami akan terus mengembangkan sistem teknologi informasi yang berbasis Cloud Office Collaboration ini," ujarnya.

Kini, melalui teknologi informasi berbasis Cloud Office Collaboration tersebut, dia menambahkan Garuda Indonesia telah mendapatkan banyak kemudahan dan kelebihan.

  1. Efisiensi pada cost infrastructure. Manfaat ini sejalan dengan program perusahaan yaitu efisien tanpa mengurangi kualitas layanan kepada customer dan partner Garuda Indonesia.
  2. Peningkatan kapasitas mailbox yang signifikan pada email karyawan sehingga mampu menyimpan data/dokumen berikut infografis yang membutuhkan banyak  kapasitas penyimpanan.
  3. Peningkatan kapasitas attachment yang diharapkan dapat menerima email-email kapasitas besar baik dari customer maupun pihak ketiga. Unlimited personal online storage memungkinkan para karyawan dapat menyimpan file dan data di storage tersebut.
  4. Distribute aircraft manuals online di mana para air crew dapat mengakses dokumen tersebut secara online di manapun.
  5. Share and get idea internally across unit oleh media sosial korporat, di mana kini seluruh karyawan dapat bersosialisasi melalui sosial media yang disediakan oleh perusahaan.
  6. Smart and virtual meeting, karyawan dapat melakukan meeting secara online.
  7. Integrasi dengan Skype, karyawan yang akan berkomunikasi dengan pihak ketiga maupun customer dapat terintegrasi langsung melalui Skype sehingga dapat mempercepat  dan mempermudah komunikasi tersebut.
  8. Sharing file/information dengan pihak ketiga, sharing maupun penggunaan file/informasi secara online dapat dilakukan tanpa harus khawatir dengan issue security.
  9. Access Everywhere & Anytime, seluruh karyawan dapat mengakses file pekerjaan dimanapun dan kapanpun tanpa batas.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper