Telkom Regional III Jabar Siap Dirikan 5 Kampung Digital

Herdi Ardia
Kamis, 19 November 2015 | 17:28 WIB
Gedung Telkom di Bandung. /
Gedung Telkom di Bandung. /
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT Telkom Regional III Jabar akan mendirikan lima kampung digital sebagai cara untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi  pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Sejauh ini, yang telah eksis baru dua kampung digital yakni Kampung Digital Kaos Suci Bandung dan Batik Trusmi Cirebon.

Kampung UKM merupakan upaya pemanfaatan TI secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UKM di suatu lokasi dalam rangka mewujudkan UKM yang maju, mandiri, dan moderen. 

Kepala Telkom Regional III Jawa Barat Suparwiyanto mengatakan, peningkatan TI di kalangan UMKM menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing, terutama untuk menembus pasar global. Apalagi, diakhir 2015 segera diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

"MEA bisa menjadi tantangan para UMKM. Karena apabila tidak bisa bersaing, produk dalam negeri akan digeser keberadaan produk-produk dari negara lain. Di sisi lain, MEA menjadi peluang untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM, khususnya di Jawa Barat, karena pasar akan semakin membesar," katanya, kepada wartawan di Bandung, Kamis (19/11/2015). 

Sebagai BUMN, Telkom memiliki tanggung jawab moral untuk berperan serta memajukan perekonomian nasional sesuai dengan core bisnisnya.

Oleh karena itu, Telkom Regional III memandang sangat penting peningkatan TI UMKM agar produk-produknya semakin mudah menembus pasar Negara-negara di ASEAN pasca-pemberlakuan MEA pada akhir tahun 2015 ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Herdi Ardia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper